Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Begini Kondisi Rumah Dinas Anggota DPR di Kalibata Jakarta Selatan yang Disebut Tidak Layak

Rumah dinas yang rata-rata memiliki luas tanah 188 meter persegi dan luas bangunan 100 meter persegi itu memiliki dua lantai.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Begini Kondisi Rumah Dinas Anggota DPR di Kalibata Jakarta Selatan yang Disebut Tidak Layak
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Kondisi rumah dinas anggota DPR RI di Kompleks DPR RI yang bakalan diganti menjadi fasilitas tunjangan perumahan, Senin (7/10/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar menyatakan, sejatinya tunjangan rumah dinas anggota DPR RI periode 2024-2029 akan diganti dengan tunjangan perumahan berupa uang.

Pergantian itu disepakati dalam rapat koordinasi bersama dengan pimpinan fraksi di DPR dan pimpinan DPR RI pada 24 September lalu.

Baca juga: 3 Fakta soal Rumah Dinas Anggota DPR Diganti Tunjangan, Sekjen Beberkan Alasan

Salah satu alasan kenapa fasilitas itu diganti, lantaran rumah dinas anggota DPR RI yang di Kalibata, Jakarta Selatan sudah tidak layak.

Pada hari ini, Senin (7/10/2024), Indra mengajak awak media melakukan kunjungan ke kompleks perumahan anggota DPR RI di Kalibata.

Baca juga: Rumah Dinas Anggota DPR Diklaim Rusak dan Bocor, Pengamat Properti: Tak Bisa Merawat Secara Benar

Dalam pantauan Tribunnews di lokasi, kondisi rumah dinas yang rata-rata memiliki luas tanah 188 meter persegi dan luas bangunan 100 meter persegi itu memiliki dua lantai.

Adapun sebagian besar rumah memiliki satu kamar tidur di lantai 1, ruang kerja, dapur, kamar mandi, garasi untuk satu unit mobil dan gudang.

BERITA REKOMENDASI

Sementara di lantai 2, terdapat 4 kamar tidur, satu kamar mandi, sepetak ruang keluarga berbentuk mezzanine.

Terlihat di beberapa unit rumah tersebut, ada bekas rembesan air hujan di plafon yang sudah mulai menghitam.

Kondisi rumah dinas anggota DPR RI di Kompleks DPR RI yang bakalan diganti menjadi fasilitas tunjangan perumahan, Senin (7/10/2024).
Kondisi rumah dinas anggota DPR RI di Kompleks DPR RI yang bakalan diganti menjadi fasilitas tunjangan perumahan, Senin (7/10/2024). (Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra)

Tak hanya itu, ada juga bagian tembok atau dinding yang catnya mengelupas dan di beberapa tempat tercium aroma pengap seperti bangunan yang sudah lama tidak ditempati.

Di sisi lain, terlihat juga ada beberapa rail untuk hordeng rumah yang sudah copot, serta adanya tumpukan barang tak terurus di salah satu rumah dinas.

Indra lantas membeberkan terkait dengan kondisi beberapa rumah tersebut. Kata Indra, ada sebagian besar rumah dari jumlah 516 unit itu yang memiliki tingkatan kerusakan.

"Ini salah satu rumah yang sudah kosong dan kondisinya rata-rata, kalau ini yang agak lumayan ya, apa, kondisinya lebih lumayan nanti kita coba liat lagi beberapa rumah yang memang kondisinya lebih parah atau parah," kata Indra kepada awak media di salah satu rumah dinas Anggota DPR RI, Kalibata, Jaksel, Senin.

Baca juga: Sekjen DPR Ungkap Alasan Fasilitas Rumah Dinas Anggota Dihapuskan: Kondisinya Sudah Sangat Parah

Kata Indra, sejatinya memang pihaknya di sekretariat jenderal (setjen) DPR RI kerap menerima keluhan dari para anggota.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas