Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Membandingkan Mobil Kepresidenan Jokowi dengan Prabowo, Prabowo Bakal Naik Maung Limo Serba Putih

Setelah Prabowo Subianto resmi dilantik sebagai Presiden ke-8 RI pada Minggu, 20 Oktober 2024, iring-iringan mobil kepresidenan jadi warna putih.

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Membandingkan Mobil Kepresidenan Jokowi dengan Prabowo, Prabowo Bakal Naik Maung Limo Serba Putih
kolase Tribunnews.com/ist/HO
Kolase foto Presiden Jokowi dan mobil kepresidenan serta Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan mobil yang diduga menjadi calon kendaraan Prabowo disebut-sebut merupakan "Maung Limo", yang pada dasarnya tergolong sebagai kendaraan militer. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ada yang bakal berbeda dengan mobil kepresidenan setelah Prabowo Subianto resmi dilantik sebagai Presiden ke-8 RI pada Minggu, 20 Oktober 2024 mendatang.

Jika pada masa Presiden Joko Widodo (Jokowi) iring-iringan mobil kepresidenan berwarna serba hitam, maka saat Prabowo menjadi presiden nanti iring-iringan mobil kepresidenan akan berubah menjadi warna putih.

Mobil kepresidenan menjadi hal penting bagi pemimpin negara untuk mobilitas menjalankan tugas negara.

Selain itu, mobil yang digunakan pemimpin negara kerap kali menyita atensi publik lantaran spesifikasi dan desain khusus untuk memastikan keamanan tingkat tinggi dan kenyamanan bagi sang presiden.

Di Indonesia, fasilitas kendaraan bagi presiden telah diatur sebagai hak yang akan diberikan negara setelah presiden terpilih dilantik sebagai presiden definitif. Hal tersebut tercantum dalam Pasal 5 Undang-Undang 7 Tahun 1978 Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Saat ini mobil dinas kepresidenan yang digunakan Presiden Jokowi adalah Mercedes-Benz S600 Guard, Innova Zenix, Toyota Land Cruiser 200, Toyota Alphard, dan Lexus LX570. Seluruhnya berwarna hitam.

Namun, mobil dinas utama yang kerap digunakan Jokowi yakni Mercedes-Benz S600 Guard. Kendaraan yang satu itu telah menemani berbagai aktivitas kenegaraan Jokowi sejak tahun 2019 hingga 2024.

BERITA REKOMENDASI

Keamanan kelas VVIP yang dimiliki Mercedes-Benz S600 Guard ini kerap menjadi alasan mobil ini dipilih sebagai mobil kepresidenan beberapa pemimpin negara di dunia. Sebagai gambaran, mobil yang ditumpangi Jokowi itu mendapatkan sertifikat VR10, yang berarti memiliki sertifikasi tingkat perlindungan tertinggi untuk kendaraan jenis non-militer.

Pengunjung melihat koleksi mobil kepresidenan Indonesia di Sarinah, Jakarta, Sabtu (13/8/2022). Pameran mobil kepresidenan yang digunakan sejak era Presiden Soekarno hingga Presiden Jokowi ini untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang dapat menumbuhkan semangat juang bangsa. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pengunjung melihat koleksi mobil kepresidenan Indonesia di Sarinah, Jakarta, Sabtu (13/8/2022). Pameran mobil kepresidenan yang digunakan sejak era Presiden Soekarno hingga Presiden Jokowi ini untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang dapat menumbuhkan semangat juang bangsa. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Selain itu, kendaraan dinas orang nomor satu di Indonesia itu juga telah tersertifikasi Explosive Resistant Vehicle (ERV) di tahun 2010, yang berarti tahan ledakan. Di bagian jendela-jendela, Mercedes-Benz S600 Guard juga dilengkapi kaca yang berbahan polikarbonat, sehingga anti peluru. 

Mobil ini juga dilengkapi ban run-flat, yang tetap dapat melaju meski mengalami kempis hingga jarak sejauh 30,5 kilometer (km). Berdasarkan laman Mercedes-Benz, sedan ini memiliki mesin V12 yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 530 horsepower (Hp) dengan torsi 830 Newton meter (Nm).

Masa jabatan Presiden Joko Widodo sendiri akan berakhir. Dan Prabowo Subianto, sebagai sosok Presiden Terpilih 2024-2029 akan dilantik sebagai presiden selanjutnya pada 20 Oktober 2024.

Prabowo dikabarkan akan mengganti mobil dinas kepresidenan setelah menjabat presiden ke-8 RI, menjadi warna putih. Kendaraan warna putih memang identik dengan Prabowo

Kendaraan dinas Prabowo selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan berjenis Toyota Alphard juga berwarna putih.

Berdasarkan informasi, tidak hanya mobil dinas utama untuk Prabowo, seluruh kendaraan rangkaian kepresidenan juga akan berwarna putih.  Mobil rangkaian Kepresidenan Prabowo tersebut disiapkan oleh Kementerian Sekretariat Negara. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas