Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prabowo Panggil 49 Nama Calon Menteri, Pengamat: Kabinet Membengkak Jauh dari Harapan Kabinet Zaken

Soal Prabowo panggil 49 nama calon menteri, Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti sebut itu kabar muram, kabinet bengkak.

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Prabowo Panggil 49 Nama Calon Menteri, Pengamat: Kabinet Membengkak Jauh dari Harapan Kabinet Zaken
Youtube Tribunnews.com
Beberapa calon menteri yang dipanggil Prabowo kemarin. Soal Prabowo panggil 49 nama calon menteri, Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti sebut itu kabar muram, kabinet bengkak. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti mengomentari 49 nama calon menteri pemerintahan Prabowo mendatang.

Menurutnya hal itu menjadi kabar muram karena wajah kabinet malah membengkak dari 34 menjadi 36 sekarang potensial menjadi 46. 

Wajah kabinet yang membengkak tersebut dikatakannya akan berdampak pada koordinasi, efektivitas dan efisiensi pemerintahan mendatang.

Diketahui Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto telah rampung memanggil sejumlah nama calon menteri ke rumahnya di Kertanegara IV, Kebayoran, Jakarta, Senin (14/10/2024). Total, ada 49 nama yang sudah diajak bicara oleh Prabowo.

“Wajah kabinet itu jauh dari harapan menjadi kabinet zaken. Bahkan mungkin bukan kabinet ahli. Wajah kabinet ini lebih tepat disebut sebagai kabinet parpol dari pada kabinet professional, apalagi zaken,” kata Ray kepada Tribunnews.com, Selasa (15/10/2024).

Besar kemungkinan dinilai Ray 78 persen kursi kabinet Prabowo akan diisi oleh wakil partai. Sisanya diserahkan kepada non parpol. 

“Selain Menkeu yang kemungkinan akan tetap dijabat oleh Sri Mulyani, jabatan yang diemban oleh anggota kabinet non parpol ini terlihat bukanlah jabatan strategis, ekonomis dan politis. Untuk tiga kriteria ini, hampir semuanya diisi oleh wakil parpol,” terangnya.

Baca juga: Membandingkan Mobil Kepresidenan Jokowi dengan Prabowo, Prabowo Bakal Naik Maung Limo Serba Putih

BERITA REKOMENDASI

Selain itu Ray juga menilai dari nama-nama yang beredar, nampak, kepedulian Prabowo pada peningkatan kualitas demokrasi, HAM dan anti korupsi bukanlah prioritas. 

“Dengan begitu, harapan agar Prabowo memutus kemerosotan kualitas demokrasi, HAM dan gerakan anti korupsi, rasanya, tidak terlalu dapat diharapkan. Demokrasi, HAM, gerakan anti korupsi, dan efisiensi serta efektivitas kemungkinan, akan berjalan di tempat,” terangnya.

Berikut daftar nama tokoh yang dipanggil Prabowo Subianto, sebagai berikut:

1. Ketua DPP Partai Gerindra, Prasetyo Hadi 

2. Wakil Ketua Umum Gerindra, Sugiono

3. Pengusaha Widiyanti Putri Wardhana

4. Pegiat HAM, Natalius Pigai 

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas