Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mendag Sebut Ekonomi Digital RI Bakal 6 Kali Lebih Besar dari Malaysia

Pada 2030 PDB Indonesia, kata Lutfi, diprediksi akan tumbuh menjadi sekitar Rp 28 ribu triliun dan digital ekonomi akan tumbuh paling

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Mendag Sebut Ekonomi Digital RI Bakal 6 Kali Lebih Besar dari Malaysia
TRIBUN/HO/BIRO PERS/MUCHLIS JR
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ekonomi digital Indonesia pada 2030 diperkirakan mencapai 323 miliar dolar AS.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, ketika memcapai itu maka ekonomi digital Indonesia enam kali lebih besar dari Malaysia, tujuh kali lebih besar dari Filipina, delapaj kali lebih besar dari Singapura, dan paling tidak empat kali lebih besar dari Vietnam.

"Jika Indonesia bisa mengikuti perkembangan Malaysia, ekonomi digital Indonesia bisa mencapai 417 miliar dolar AS, sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara paling menguntungkan di Asia Tenggara untuk ekonomi digital," tutur Lufti, Jumat (14/1/2022).

Menurutnya, saat ini Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai Rp 16.032 triliun dan sekitar 4 persen atau Rp 632 triliun berasal dari ekonomi digital.

Pada 2030 PDB Indonesia, kata Lutfi, diprediksi akan tumbuh menjadi sekitar Rp 28 ribu triliun dan digital ekonomi akan tumbuh paling tidak sekitar delapan kali lipat menjadi Rp 4.531 triliun.

"Pertumbuhan ekonomi digital terbesar berasal dari niaga elektronik sekitar Rp1.908 trilun atau sekitar 34 persen. Sektor bisnis akan mencakup satu perempat ekonomi digital Indonesia," tuturnya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas