Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pamor NFT Naik Daun, Ini Dia Sederet Marketplace NFT Asal Tanah Air

Fenomena Ghozali Everyday yang belakangan menjadi perbincangan hangat netizen tanah air, membuat popularitas NFT semakin meroket dan banyak dicari.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Sanusi
zoom-in Pamor NFT Naik Daun, Ini Dia Sederet Marketplace NFT Asal Tanah Air
freepik.com
NFT. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Fenomena Ghozali Everyday yang belakangan menjadi perbincangan hangat netizen tanah air, membuat popularitas NFT semakin meroket dan banyak dicari.

Seakan latah tak sedikit masyarakat Indonesia yang mengikuti jejak dari Ghozali dengan harapan dapat meraup cuan dengan jumlah yang fantastis. NFT merupakan sertifikat digital atas kepemilikian karya seni yang diperjualbelikan.

Dikutip dari Forbes, meski termasuk kedalam mata uang digital namun namun NFT berbeda dengan bitcoin dkk. Hal ini dikarenakan nilai satu digital art NFT tidak sama dengan digital art NFT lain, sehingga tidak dapat dipertukarkan seperti bitcoin. Oleh karenanya NFT disebut sebagai Non-fungible.

Baca juga: Kirim Foto Selfie KTP untuk NFT Langsung Diblokir

Umumnya NFT diperjuabelikan di sebuah marketplace. Sejauh ini OpenSea adalah salah satu marketplace NFT terpopuler di dunia. Meski tak sepopuler OpenSea, Indonesia juga memiliki marketplace karya anak bangsa, terlebih marketplace ini sudah memiliki izin resmi,

Platfrom e-commerce yang pertama ada TokoNFT.io, market place satu ini dibuat oleh PT Toko Karya Digital pada November tahun 2021 lalu.

TokoNFT.io, diklaim memiliki fitur unggulan seperti Staking, Metaverse dan NFT Fragmentation. Bahkan TokoNFT turut menghadirkan sebuah token yang akan memfasilitasi pengguna untuk melakukan segala macam transaksi, governance dan staking reward.

BERITA TERKAIT

Selanjutnya ada Paras.id didirikan pada akhir Desember 2020. Paras.id diklaim dapat memperjual belikan digital art cards atau karya seni digital dalm bentuk kartu bergambar.

Mengutip dari lama resminya, Paras.id menggunakan cryptocurrency NEAR sebagai media pertukaran antara pencipta dan kolektor dalam bertransaksi.

Tak mau ketinggalan, TokoMall.io, marketplace ini menjadi pionir terciptanya berbagai marketplace buatan anak negeri. Sesuai dengan visi misi TokoMall.io akan membantu creator memperjualbelikan karya seninya.

Baca juga: NFT Laris Manis, CEO OpenSea Devin Finzer dan Alex Atallah Dapat Gelar Crazy Rich Dunia

Di urutan selanjutnya ada Kolektibel di marketplace ini akan mengkurasi berbagai NFT dari kategori olahraga, seni, budaya hingga lifestyle. Uniknya disini pengguna bisa menggunakan fitur secondary market, di mana sesama kolektor dapat membuat penawaran NFT yang dimiliki.

Enevti marketplace buatan Indonesia diklaim dapat dapat membantu para penggemar berhubungan nyata dengan para influencer mereka dengan melalukan jual beli NFT. Uniknya NFT yang dijual bisa ditebus dengan protocol pembiayaan creator.

Di posisi selanjutnya ada Baliola, dirancang dengan teknologi berbasis blockchain marketplace mata uang digital satu ini.dapat menjual berbagai produk seniman khusus Bali dengan mekanisme NFT. Bahkan Baliola sudah di BKRAF (Badan Kreatif) Denpasar.

Marketplace terakhir yang patut dicoba yaiatu Artsky. Marketplace satu ini dikhususkan dengan berbgai bidang seni seperti digital art, video, music, painting, photo. Tak hanya NFT, Artskydisinyalir tergbaung dalam pengerjaan beberapa proyek besar seperti Game, DeFi, Metaverse hingga Decommerce.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas