Tribun

Industri Kreatif Menggeliat, Aplikasi Chingari Siap Kembangkan Industri Konten di Platform Digital

Aplikasi ini ingin membantu para kreator di setiap daerah di Indonesia mempromosikan konten kreatifnya, dengan cara memberi peluang memonetisasi

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Industri Kreatif Menggeliat, Aplikasi Chingari Siap Kembangkan Industri Konten di Platform Digital
ist
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Studi terbaru menyatakan, ekonomi konten kreatif telah mencatat rekor pendanaan 1,3 miliar dolar AS selama tahun 2021 saja. Nilai pendanaan ini hampir 3 kali lipat dari pendanaan yang diterima di tahun 2020.

Data tersebut menunjukkan potensi besar ekonomi konten kreatif di Indonesia serta luasnya peluang para kreator untuk dapat mengeksplorasi dan berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi.

Merespon tren positif tersebut, aplikasi video pendek Chingari Indonesia - aplikasi video pendek, siap menggairahkan industri konten di Indonesia yang dikenal memiliki banyak talent kreatif dan beragam.

Baca juga: Konten Podcast Spotify Diprotes Keras, Kini Gunakan Jasa Penasehat Agar Tak Salah Kabarkan Covid-19

Aplikasi ini ingin membantu para kreator di setiap daerah di Indonesia mempromosikan konten kreatifnya, dengan cara memberi peluang memonetisasi konten.

Para kreator yang konisitem menciptakan konten-konten baru nan segar, akan dibantu memonetisasi konten mereka secara besar-besaran melalui aplikasi Chingari Indonesia yang didukung oleh teknologi $GARI Social Tokens.

Aplikasi ini telah berkolaborasi dengan banyak merek ternama, serta memberikan kesempatan kepada para kreator untuk membuat konten dari merek tersebut dan menghasilkan uang. Kerjasama antara Chingari – Brand – Kreator ini diharapkan bisa meningkatkan ekonomi bagi pembuat konten di Indonesia.

Baca juga: Transformasi Siaran TV Digital Naikkan Kebutuhan atas Konten

Sumit Ghosh, Co-founder & CEO, Chingari Indonesia mengatakan, dengan diperkenalkannya $GARI Token pada 5 Februari, Chingari siap untuk mengangkat ekonomi para kreator konten di Indonesia.

Dia menambahkan, penggunaan teknologi Crypto dan NFT memungkinkan mereka naik ke level berikutnya. Chingari akan memimpin komunitas pembuat konten untuk menghasilkan model pendapatan baru dan membantu mereka memonetisasi konten.

"Ke depannya kami menargetkan untuk bisa membangun komunitas-komunitas kreator konten yang kuat di Indonesia," ujarnya dalam keterangan pers tertulis, Kamis (3/2/2022).

Dia menjelaskan, setiap kreator dari tiap pelosok negeri memiliki kesempatan yang sama untuk membangun merek dan nama mereka sendiri di platform ini untuk membuat NFT mereka sendiri, dan memonetisasi konten mereka tanpa batasan apa pun.

Baca juga: Youtube Berusaha Mengeksplorasi Fitur NFT untuk Para Pembuat Konten

"Untuk memotivasi lebih para kreator, kami kan memberika Angpao special, tunggu tanggal mainnya dalam beberapa hari mendatang" ungkap Sumit Gosh.

Dia menyatakan pihaknya menerima respon yang sangat bagus dari komunitas konten kreator Indonesia atas kehadiran aplikasi ini.

"Kami berharap dapat mengerjakan proyek-proyek hebat dengan para kreator dan menghasilkan beberapa konten segar & menakjubkan untuk merek-merek yang telah berasosiasi dengan kami di Indonesia, sambil membantu mereka memonetisasi kreasi mereka," ungkap Deepak Salvi, Co-founder & COO Chingari Indonesia.

Dia menegaskan, kreator perlu menantikan lebih banyak kejutan dan bersiap untuk terbang tinggi dalam ekonomi konten kreatof bersama Chingari Indonesia yang didukung oleh $GARI Social Tokens.

Dia menambahkan Chingari Indonesia siap membagikan konten premium yang dibagikan di aplikasi OTT ternama, label musik, dan merek-merek teratas yang telah berkolaborasi dengan Chingari di Indonesia.

Para kreator konten bisa mengunduh aplikasi Chingari di app stores resmi, dan bisa langsung membuat video kreatif untuk mendapatkan token $GARI, mulai tanggal 6 Februari 2022.

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas