Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Topang Kebutuhan Militer, Pemerintah Ukriana Cairkan Sumbangan Kripto

Ukraina sendiri dikabarkan memiliki tiga dompet digital resmi yang digunakan untuk memperkuat pasokan militernya.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Sanusi
zoom-in Topang Kebutuhan Militer, Pemerintah Ukriana Cairkan Sumbangan Kripto
AFP/SERGEY BOBOK
Pemandangan alun-alun di luar balai kota Kharkiv yang rusak pada 1 Maret 2022, hancur akibat penembakan pasukan Rusia. - Alun-alun pusat kota kedua Ukraina, Kharkiv, ditembaki oleh pasukan Rusia yang menyerang gedung pemerintah setempat, kata gubernur regional Oleg Sinegubov. Kharkiv, kota yang sebagian besar berbahasa Rusia di dekat perbatasan Rusia, memiliki populasi sekitar 1,4 juta. (Photo by Sergey BOBOK / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sejak invasi yang dilakukan Rusia, kini pemerintah Ukraina gencar menerima sumbangan untuk membangun benteng pertahanan militernya.

Belakangan diketahui, Ukraina telah menerima sumbangan cryptocurrency dengan jumlah yang fantastis.

Dilansir dari data CoinDesk hingga Minggu (28/2/2022) kemarin, Ukraina sendiri dikabarkan memiliki tiga dompet digital resmi yang digunakan untuk memperkuat pasokan militernya.

Baca juga: Mengenal Bom Termobarik Milik Rusia, Senjata Mematikan untuk Lawan Ukraina

Satu dompet buatan organisasi nirlaba lokal, diketahui berhasil mengantongi Bitcoin sejumlah 7 juta dolar AS. Sementara dua dompet digital milik pemerintah yang dinamai Kuna, sukses menggalang dana lebih dari 8 juta dolar AS.

Dari dana tersebut, pemerintah Ukraina sejauh ini telah menghabiskan 10 juta dolar AS untuk memenuhi kebutuhan angkatan militernya, diantaranya untuk membeli drone, kacamata heat vision serta bensin untuk kendaraan tempurnya.

Baca juga: Militer Rusia Serang Kota Borodjanka Ukraina, Dua Blok Apartemen Hancur

“Kami mengevakuasi orang-orang sehingga kami mengirim uang untuk membeli bensin, untuk membeli makanan dan air bagi orang-orang yang mengungsi. Kami mengirimkan sejumlah uang kepada personel militer setempat yang dapat membeli beberapa persediaan secara lokal,” jelas pendiri Kuna, Michael Chobanian.

BERITA TERKAIT

Tak hanya sumbangan berbentuk cryptocurrency, Chobanian menambahkan kini Ukraina juga telah menerima bantuan berupa stablecoin dengan angka 12 juta dolar AS.

Bahkan bos perusahaan blockchain Elliptic ikut mencatat, bahwa dompet digital milik pemerintah dan organisasi non-pemerintah berhasil mengumpulkan crypto sebesar 20 juta dolar AS.

“Kami berhasil membeli semua barang ini di Eropa menggunakan crypto. Banyak teman saya di industri kripto membantu. Kami mengirim mereka crypto, mereka membayar [barang] dalam euro,” tambah Chobanian.

Baca juga: Apple Hentikan Penjualan Produk di Rusia: Kami Prihatin dengan Invasi Rusia ke Ukraina

Akibat sumbangan yang melonjak tajam ini, kini Ukraina membuktikan bahwa sistem pembayaran menggunakan crypto terbukti lebih praktis serta efisien ketimbang pembayaran tradisional. Rencananya dana yang sudah terkumpul akan terus digunakan pemerintah Ukraina dalam memperkuat benteng pertahanan militernya selama invasi Rusia terus berlanjut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas