Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

The Fed of New York Peringatkan Masyarakat Global Untuk Bersiap Jajaki Pembayaran Digital

Perkembangan industri digital yang makin pesat telah mendorong lonjakan adopsi mata uang cryptocurrency di berbagai belahan dunia.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in The Fed of New York Peringatkan Masyarakat Global Untuk Bersiap Jajaki Pembayaran Digital
IST
Ilustrasi aset kripto 

Laporan Wartawan Tribunnews, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Perkembangan industri digital yang makin pesat telah mendorong lonjakan adopsi mata uang cryptocurrency di berbagai belahan dunia.

Hal inilah yang membuat Presiden Federal Reserve Bank of New York, John Williams yakin jika dunia akan menghadapi transformasi pembayaran digital dimasa yang akan datang.

Meski volatilitas dari mata uang digital yang cenderung berubah dan tidak stabil, namun teknologi yang mendukung cryptocurrency maupun stablecoin seperti web3 dan blockchain berpotensi menghadirkan sistem pembayaran internasional yang aman dan efisien.

Baca juga: Tambang Kripto Kazakhstan Menghasilkan Keuntungan Hingga 1,5 Juta Dolar AS di Kuartal Pertama 2022

“Kepada para pejabat, cendekiawan, dan pemimpin industri keuangan bersiaplah untuk perubahan mendasar dalam uang dan pembayaran,” jelas Williams dilansir dari Cointelegraph.

Lebih lanjut Williams menambah saat ini kehadiran teknologi blockchain memungkinkan sebuah transaksi keuangan atau proses bisnis terjadi tanpa perantara. Dengan teknologi ini sebuah transaksi bisa terjadi hanya dengan mengandalkan jaringan beberapa komputer yang aman, kelebihan ini tentunya mempermudah kinerja para pelaku bisnis.

Meskipun menawarkan berbagai kelebihan, namun Williams menyebut bahwa Federal Reserve Bank of New York hingga sejauh ini belum memiliki rencana khusus untuk menjajaki penggunaan teknologi maupun mata uang digital.

“Sebagai bankir sentral, sangat penting bagi kami untuk tetap fokus dalam menjalankan tanggung jawab kami, sambil tetap mengikuti perkembangan dunia di sekitar kami,” ujar Williams.

Baca juga: Bursa Saham AS Bergejolak, Berpengaruh untuk Harga Kripto?

Sebaliknya perusahaan keuangan asal New York ini tengah mengkontekstualisasi perubahan pembayaran dengan menggunakan perjanjian pembelian kembali semalam (ON RRP).

Dengan ON RRP bank Federal Reserve dapat menjual sekuritas ke lembaga keuangan yang memenuhi syarat. Setelah dijual, sekuritas tersebut dapat dibeli kembali pada keesokan harinya. Dengan langkah ini The Fed New York dapat menjaga tingkat dana federal agar berada dalam kisaran target.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas