Tribun

Shopee Pastikan PHK Massal Karyawan Tidak Berdampak ke Indonesia

Shopee Indonesia memastikan tidak terdampak rencana PHK massal karyawan Shopee Food dan Shopee Pay.

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Shopee Pastikan PHK Massal Karyawan Tidak Berdampak ke Indonesia
dok. Shopee
Mitra pengemudi ShopeeFood - Shopee Pastikan PHK Massal Karyawan Tidak Berdampak ke Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Shopee Indonesia memastikan tidak terdampak rencana PHK massal karyawan Shopee Food dan Shopee Pay.

Operasional Shopee di sejumlah negara ikut terdampak namun tidak dengan Indonesia.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan Shopee Indonesia terus menunjukkan performa yang baik dan Indonesia tetap menjadi pasar prioritas di mana harus terus mengembangkan bisnis untuk membantu lebih banyak UMKM dan pengguna di Indonesia merasakan manfaat pertumbuhan ekonomi digital.

Baca juga: Isu Shopee akan PHK Massal Karyawan, Disebut untuk Sesuaikan Sumber Daya dan Kegiatan Operasi

"Langkah penyesuaian yang diambil pada segmen dan pasar tertentu, dipastikan tidak melibatkan Shopee Indonesia," ujar Handhika dalam pernyataannya yang diterima Tribun, Rabu (15/6/2022).

Shopee Indonesia kata Handhika mempekerjakan lebih dari 20.000 karyawan dalam berbagai lini bisnis seperti Shopee, Shopee Pay, dan Shopee Food dan lebih dari 50 % bergabung sejak dimulainya pandemi COVID-19.

"Kami juga terus merekrut talenta-talenta terbaik untuk mengembangkan tim kami. Shopee Indonesia juga masih aktif merekrut talenta-talenta digital, melalui program Sea Labs Indonesia yang diresmikan Presiden Joko Widodo(Jokowi) pada Maret 2022 lalu yang akan membangun tim yang terdiri dari 1.000 talenta digital Indonesia terutama engineer dan product manager, yang akan siap untuk berkontribusi melalui teknologi," kata Handhika.

Misi Shopee di Indonesia lanjut Handhika tetap sama, yakni mewujudkan kehidupan yang lebih baik, bagi mereka yang belum terlayani dengan baik, melalui teknologi dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Pemerintah Indonesia.

Untuk menciptakan berbagai kerja sama strategis demi mewujudkan misi ini dalam 6 bulan terakhir, Shopee juga tengah menghadirkan berbagai inisiatif untuk memajukan UMKM di Indonesia, termasuk Kampus UMKM Shopee yang hadir di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi yang telah melatih puluhan ribu UMKM lokal keterampilan bisnis digital.

Baca juga: Daftar Startup di Indonesia yang Melakukan PHK Sepanjang Tahun 2022

Selain itu program Java in Paris yang membawa ribuan produk UMKM lokal di Shopee tembus kurasi dan bisa dijual di Paris.

Diketahui, CEO Shopee Chris Feng mengeluarkan memo yang berisi akan melakukan langkah penyesuaian.

Yang terkena dampak PHK adalah sebagian pegawai ShopeeFood dan ShopeePay di Meksiko, Argentina, Chile dan tim lintas batas untuk Spanyol. Kondisi perekonomian menjadi alasan Shopee untuk melakukan PHK massal ini.

"Karena ketidakpastian yang meningkat dalam ekonomi yang lebih luas, kami percaya adalah bijak untuk membuat penyesuaian yang sulit tapi penting untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memfokuskan sumber daya kami," kata dia. (Willy Widianto)

Wiki Terkait

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas