Tribun

Tiket NFT Diprediksi Cepat Berkembang di Prancis Setelah Terjadinya Insiden di Final Liga Champions

Pemalsuan tiket massal menjadi salah satu penyebab kisruh pada final Liga Champions 2022, yang diadakan 28 Mei 2022 lalu.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Tiket NFT Diprediksi Cepat Berkembang di Prancis Setelah Terjadinya Insiden di Final Liga Champions
99designs
Ilustrasi NFT - Tiket NFT Diprediksi Cepat Berkembang di Prancis Setelah Terjadinya Insiden di Final Liga Champions 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, PARIS - Insiden sebelum pertandingan final Liga Champions UEFA, yaitu pemalsuan tiket dapat menyebabkan adopsi Non-Fungible Token (NFT) meningkat di ajang pertandingan olahraga Prancis.

Negara itu sebelumnya menyatakan akan menggunakan tiket NFT selama Piala Dunia Rugby 2023 dan Olimpiade Paris 2024.

Pemalsuan tiket massal menjadi salah satu penyebab kisruh pada final Liga Champions 2022, yang diadakan 28 Mei 2022 lalu.

Baca juga: OpenSea Rilis Fitur Keamanan Baru, Lindungi Pengguna dari Ancaman Penipuan NFT

Untuk mengatasi kisruh ini, kepolisian Prancis bahkan menggunakan gas air mata untuk memulihkan ketertiban, dan pertandingan final antara Liverpool FC dan Real Madrid sempat tertunda.

Utusan Olimpiade Pemerintah Prancis, Michel Cadot menyerahkan laporan ke Kantor Perdana Menteri Prancis pada pekan lalu, dan merekomendasikan langkah-langkah untuk mencegah terjadinya insiden atau gangguan selama ajang olahraga di masa depan, termasuk penggunaan tiket NFT secara universal.

Dalam laporannya Cadot mengatakan, penerapan sistem tiket NFT pada Piala Rugby dan Olimpiade Paris mendatang, dapat mengurangi terjadinya gangguan selama kompetisi olahraga berlangsung.

"Sistem tiket baru sebelum acara rugby dan Olimpiade akan memungkinkan untuk mengatur sistem yang direncanakan dan memecahkan metode kerja, serta refleks manajemen multi-aktor untuk menghadapi kesulitan," tulis Cadot dalam laporannya, yang dikutip dari Cointelegraph.

Baca juga: Harga Dasar Koleksi NFT Populer Runtuh Akibat Bear Market

Sistem tiket baru di Prancis, yaitu tiket digital-only, nantinya tidak dapat ditransfer menggunakan teknologi blockchain dan kode QR. Tiket akan didistribusikan melalui SMS, tidak lama sebelum acara dimulai.

Pencegahan pemalsuan tiket dan scalping adalah salah satu daya tarik besar dari tiket NFT, karena dapat meningkatkan keamanan acara dan keuntungan bagi sponsor.

Fungsi lainnya, seperti akses area VIP juga dapat dimasukan ke dalam tiket NFT.

Tiket hanyalah salah satu cara yang dimiliki NFT untuk menembus dunia olahraga. Koleksi NFT telah menjadi bagian dari strategi pemasaran banyak tim olahraga sejak tahun 2020, yaitu saat peluncuran koleksi NFT NBA Top Shot Moments dari Dapper Labs. Sejak itu, industri olahraga profesional secara aktif memanfaatkan kepopuleran NFT.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas