Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pasokan Stablecoin BUSD Menyentuh Level Terendah Dalam Dua Tahun

Binance USD (BUSD), yang pernah menjadi salah satu stablecoin terbesar, tetap menjadi token yang dipatok dalam dolar AS terbesar ketiga.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pasokan Stablecoin BUSD Menyentuh Level Terendah Dalam Dua Tahun
Lionel Ng/Bloomberg
Signage untuk stablecoin BUSD di Singapore FinTech Festival. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Jumlah koin yang beredar untuk stablecoin BUSD turun di bawah kisaran 7 miliar menjadi 6,68 miliar pada Sabtu (15/4/2023), menjadi jumlah BUSD terendah yang beredar sejak April 2021.

Binance USD (BUSD), yang pernah menjadi salah satu stablecoin terbesar, tetap menjadi token yang dipatok dalam dolar AS terbesar ketiga.

Namun, penerbit stablecoin Paxos mengumumkan Departemen Layanan Keuangan Negara Bagian New York (NYDFS) telah mengarahkan perusahaan untuk berhenti menerbitkan BUSD pada Kamis (13/4/2023).

Dikutip dari Bitcoin News, sekitar 16,1 miliar token BUSD beredar, dan 9,42 miliar stablecoin telah ditukarkan pada Kamis. Sedangkan antara 15 Maret dan 15 April 2023, pasokan BUSD turun 19,8 persen.

Pada pertengahan November 2022, kapitalisasi pasar BUSD berada pada titik tertinggi yang pernah ada yaitu 23,49 miliar dolar AS, dengan volume perdagangan global lebih dari 11 miliar dolar AS dalam periode 24 jam.

Namun, pada 15 April 2023, dengan valuasi pasar yang jauh lebih kecil, volume perdagangan global BUSD selama 24 jam mencapai sekitar 2,61 miliar dolar AS.

BERITA REKOMENDASI

Data dari Nansen mengungkapkan bahwa Binance, bursa kripto terbesar berdasarkan volume perdagangan, memiliki 6,1 miliar BUSD, menurut alat portofolio bursa Nansen yang menunjukkan saldo cadangan platform perdagangan.

Baca juga: Binance Konversi 1 Miliar Dolar BUSD ke Bitcoin untuk Lindungi Dana Investor

Daftar kekayaan BUSD menunjukkan sepuluh pemegang teratas, termasuk simpanan Binance, memiliki 92,52 persen dari pasokan yang beredar dari 166.645 alamat unik yang menyimpan BUSD.

Selain itu, 100 pemegang BUSD teratas memiliki sekitar 96,09 persen dari pasokan stablecoin saat ini.

Baca juga: Agar Makin Likuid, Binance Konversi USD Coin Pengguna ke BUSD 

Alamat yang terkait dengan Binance mengendalikan tujuh dari sepuluh alamat BUSD terbesar. Data saat ini menunjukkan, jika penukaran terus berlanjut, stablecoin yang diterbitkan oleh protokol Makerdao DAI akan segera melampaui jumlah token BUSD yang beredar saat ini.

Saat ini, terdapat 5.016.181.138 dolar AS DAI yang beredar, tetapi pasokan DAI juga telah menurun selama 30 hari terakhir sebesar 13,6 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas