Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Tidak Bolak-balik ke Toilet, Honor SPG di IIMS Sangat Menggiurkan

Tersenyum, bergaya, sampai meladeni pertanyaan pengunjung, menjadi tugas yang harus dilakukan oleh para

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Widiyabuana Slay
zoom-in Tidak Bolak-balik ke Toilet, Honor SPG di IIMS Sangat Menggiurkan
TRIBUNNEWS.COM/DANANG SETIAJI
Sales Promotion Girl (SPG) di booth Hyundai di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, Minggu (29/9/2013). 

TRIBUNNEWS.COM - Tersenyum, bergaya, sampai meladeni pertanyaan pengunjung, menjadi tugas yang harus dilakukan oleh para Sales Promotion Girl (SPG) di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013. Imbalan yang didapat para SPG selama ajang IIMS 2013 dari tanggal 19-29 September, cukup menggiurkan.

Seperti yang diutarakan seorang SPG both Hyundai, Vadea, yang mengatakan dirinya harus mengikuti briefing mengenai produk Hyundai sejak tanggal 16 September. Mahasiswi Perbanas semester lima ini menuturkan dirinya paling tidak harus mengerti bagaimana spesifikasi dari produk-produk yang dipajang di both Hyundai.

"Saya harus tahu misalnya ada konsumen tanya Hyundai Avega bagaimana. Kalau kerjanya bagus, nanti dapat bonus juga dari Hyundai," kata Vadea kepada Tribunnews.com, Minggu (29/9/2013).

Vadea yang ikut sebuah agency, mengakui bahwa honor SPG yang bertugas di ajang IIMS jauh lebih besar dibanding event lain.

"Lebih besar (honor) di IIMS. Kalau disini (Hyundai), Rp 550 ribu per shift. Disini ada dua shift. Kalau kerjanya bagus, dapat bonus juga dari Hyundai. Misalnya jaga tepat waktu, enggak bolak balik ke toilet," kata Vadea yang mengaku tak tahu berapa bonus yang dijanjikan.

"Satu shift dari pukul 10.00-16.00 WIB. Shift kedua dari pukul 16.00-21.00 WIB. Makan ditanggung," tambahnya.

Lain lagi dengan Trivena (20), SPG di both Honda. Ia mengikuti pelatihan untuk ajang IIMS selama tiga hari, di mana dua hari untuk pengenalan produk dan satu hari untuk training make up sampai posisi berdiri.

BERITA TERKAIT

"Misalnya kayak aku, jaga di produk yang sporty. Aku make upnya harus periang, fun, karena target produknya kan anak muda. Aku juga dilatih gimana posisi berdiri. Semua trainingnya di Honda Prospect Motor Training Center," kata mahasiswi London School jurusan Mass Communication semester lima ini.

Di Honda, kata Trivena, jam kerjanya juga dibagi dua shift dalam sehari. Biasanya seorang SPG bertugas satu shift. Hanya jika ada rekannya yang berhalangan, maka ada rekan lainnya yang menggantikan dan mengambil dua shift dalam sehari.

"Aku satu shift saja. Di sini bagi rata, setiap orang harus 11 shift. Tapi kalau ada teman yang berhalangan, ada yang menggantikan. Aku pernah sehari ambil dua shift, itu capek sekali. Aku biasanya ambil shift dua, karena pagi kuliah dulu," paparnya.

Mengenai besaran honor, SPG Honda dibagi dua yakni senior dan junior. Untuk SPG yang masuk golongan senior, honor per shift sebesar Rp 750 ribu-Rp 800 ribu. Sedangkan yang junior, sebesar Rp 650 ribu per shift.

"Kalau aku masih junior karena masih baru. Waktu training juga dikasih uang training. Aku pernah ikut event PRJ (Pekan Raya Jakarta), per shift Rp 300 ribu. Itu sudah lumayan besar karena untuk 30 hari," tuturnya.

"Disini ada Honda Beauty, kategorinya ada terdisiplin, terfavorit. Setahuku disini (Honda) ada bonus juga untuk Honda Beauty itu. Aku nyaman sih disini, dikasih loker, makan, cemilan, ada ruang khusus juga," tambahnya.

Sedangkan Nanda (20), SPG both Audi, mengatakan honor yang didapatnya dalam ajang IIMS 2013 ini sebesar Rp 600 ribu per shift. Tiap SPG, kata Nanda, juga dibatasi 11 shift selama ajang IIMS, kecuali jika ada rekannya yang berhalangan hadir.

"Kalau di event PRJ, aku biasanya dapat Rp 350 ribu per shift. Kalau bisa jual, sampai Rp 500 ribu. Kalau disini (Audi), Rp 600 ribu per shift. Ada dua shift juga, sesuai jadwalnya," kata mahasiswi Universitas Gunadarma jurusan Akuntansi semester tiga itu.

Sedangkan Jessica (17), SPG both Renault, mengatakan honor yang didapatnya juga sebesar Rp 600 ribu per shift. Peraturan pengambilan shift pun juga tak jauh beda dengan both lain, yakni seorang maksimal mengambil 11 shift selama ajang IIMS 2013 kecuali ada rekannya yang berhalangan hadir.

"Shift satu dari pukul 10.00-15.30 WIB. Yang shift kedua, pukul 15.30-21.00 WIB," kata mahasiswi Universitas Al-Azhar semester satu itu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas