Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Biar Interior Mobil Bersih dan Sehat

Setelah melakukan perjalanan jauh, biasanya kabin mobil akan tercium aroma tak sedap.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Biar Interior Mobil Bersih dan Sehat
TRIBUNNEWS.COM/FAJAR
Interior Mini Cooper 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Setelah melakukan perjalanan jauh, biasanya kabin mobil akan tercium aroma tak sedap. Hal ini lantaran banyaknya sisa makanan atau kotoran yang menempel di material dalam kabin. Selain itu juga karena selalu dipenuhi dengan orang dan beraneka macam barang. Kalau dibiarkan bisa bikin enggak nyaman.

Apapun faktor penyebabnya, hal ini perlu diperhatikan. Jangan biarkan dan berharap bau tersebut akan hilang dengan sendirinya. Bersihkan segera sumber bau yang membuat tidak nyaman saat mengemudi. Berikut beberapa langkah sederhana mengatasi masalah ini.

Setelah dibersihkan dengan sikat, gunakan vacum cleaner untuk menyedot kotoran atau debu tersebut. Jelajahi secara menyeluruh interior berbahan kain serta karpet alas kaki hingga bersih. Gunakan vacum cleaner yang berujung ramping, kalo tidak ada yang biasa juga tidak masalah. Jangka waktu pengerjaan kurang lebih 30-60 menit lamanya.

Jika jok dan interior lain seperti karpet berbahan kain, gunakan sikat lembut untuk menggosok bagian tersebut. Hal ini dilakukan agar pori-pori kain terbuka serta kotoran terangkat. Jangan asal sikat, harus diperhitungkan tekanan pada gosokkan agar tidak merusak permukaan kain. Ikuti alur serat kain dan gosok mengikutinya.

Langkah awal bersihkan seluruh interior yang terdapat di dalam mobil. Buang seluruh sampah jenis apapun yang terselip di bawah jok, laci dashboard dan kantung pembungkus jok. Ambil kain lembut dan basahi dengan air hangat. Gosok dashboard dan semua permukaan kulit pada interior mobil. Perhatikan noda-noda yang ada pada permukaannya, gosok hingga bersih.

Bau tidak sedap tidak hanya timbul dari jok dan karpet yang kotor tetapi juga dari saluran AC. Filter AC yang kotor menjadi penyebab timbulnya bau. Segera bersihkan filter AC anda dari kotoran yang mengendap agar bau tidak sedap dapat enyah dari mobil Anda.

BERITA TERKAIT

Untuk membersihkan saluran dan filter AC Anda dapat menggunakan pembersih filter AC aftermarket yang terdapat di pasaran. Apabila tidak hilang juga, mau tidak mau harus mengeluarkan dan membersihkan evaporator AC.

Jika sudah yakin bersih semua, bisa manfaatkan pengharum mobil yang beraroma lembut. Fungsi dari aroma pewangi ini agar dapat menyegarkan udara didalam mobil. Pewangi ini sudah banyak terdapat dipasaran dan mudah dicari.

Pilih aroma yang lembut jangan terlalu menyengat. Sehabis disemprotkan jangan langsung tutup pintu dan kaca mobil. biarkan terbuka kurang lebih 30 menit agar sirkulasi udara berjalan maksimal.

Kelima langkah ini bisa dikerjakan sendiri di rumah ketika hari libur atau memIliki waktu luang. Apabila belum memiliki waktu bisa menggunakan bubuk kopi. Bila darurat atau belum memiliki waktu, bisa pakai bubuk kopi sebagai penetral bau. Taburkan bubuk kopi secukupnya di wadah, lalu letakkan di bawah jok mobil.

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas