Tribun Otomotif

Sebelum Avanza, Inilah Mobil Sejuta Umat yang Booming Tahun 1986

Sebelum Avanza, inilah mobil berjuluk sejuta umat yang booming di Indonesia pada 1986.

Editor: Agung Budi Santoso

TRIBUNNEWS.COM - Industri otomotif di Indonesia terus berkembang. Ragam model baru sarat dengan teknologi dan desain futuristis terus bermunculan dengan cepat.

Banyak mobil legendaris yang selalu diingat dan berkesan untuk beberapa kalangan. Salah satunya Toyota Kijang yang menjadi pelopor ”mobil serbaguna” atau yang akrab disebut MPV dengan muatan 7-penumpang.

Generasi ketiga Kijang dimulai pada era 1980-an akhir, tepatnya diluncurkan pada 1986 dengan sebutan Kijang Super atau Super Kijang. Model ini sempat menjadi favorit bahkan harga jual kembali cukup tinggi dibanding banderol baru.

Tanpa sengaja ada ”serpihan masa lalu” iklan lawas Kijang di Youtube yang menggugah kenangan.

Tayangan komersial tersebut cukup unik, menggambarkan betapa Kijang saat itu menyasar keluarga Indonesia, juga para pebisnis yang ingin menggunakannya sebagai kendaraan operasional dengan tipe pikap.

Dalam iklan berdurasi 1 menit 4 detik itu, Kijang digambarkan sebagai kehidupan baru untuk masyarakat Indonesia.

Model baru yang lebih elegan di zamannya, saat itu masih menggunakan empat pintu. Dua di depan, satu di tengah bagian kiri, dan satu di belakang.

Interior sederhana dengan jok yang menyatu tanpa konsol di bagian depan.

Pemasangan AC saat itu berdasar pesanan. Sementara baris kedua sudah dilengkapi dengan hand rest. Tentu, belum ada sabuk pengaman karena regulasi yang saat itu belum mewajibkan produsen memasangnya.

Hingga kini, Kijang Super masih menjadi salah satu mobil jadul yang harganya tinggi. Memang sudah jarang tampak di kota besar, namun di berbagai daerah mobil ini masih sering berkeliaran.

Penasaran dengan iklan lengkapnya? Simak video nostalgia berikut ini. Jika pernah melihatnya di TV, berarti Anda sudah menjadi saksi saat Kijang mulai bergelar mobil sejuta umat sebelum akhirnya "digeser" adiknya sendiri, Avanza.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas