Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ford Fiesta-mu Sering ke Bengkel Karena Transmisi Rewel? Ini Kiatnya Agar Lebih Awet

Perilaku saat berkendara wajib diubah, terutama yang biasa membiarkan tuas transmisi di posisi D ketika mobil diam, apalagi saat macet dan di tanjakan

Ford Fiesta-mu Sering ke Bengkel Karena Transmisi Rewel? Ini Kiatnya Agar Lebih Awet
TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO
SPG saat menjajal kenyamanan berkendara menggunakan ford fiesta di PT Mayapada Auto Sempurna selaku dealer tunggal ford Batam, Kamis (13/2). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Perangkat transmission control module (TCM) yang dimiliki Ford Fiesta dan EcoSport menjadi salah satu komponen yang paling bermasalah. Terutama untuk Fiesta tahun 2012 yang masih mengusung mesin 1.6L. 

Seperti yang telah diungkap sebelumnya, penyebab kerusakan bukan karena masalah pada teknologi, tapi lebih ke sisi penggunaan serta faktor kondisi jalan juga iklim di Indonesia.

Meski memiliki batasan masa pakai dan sering bermasalah, ada cara untuk membuatnya lebih awet.

"Salah satu cara yang bikin tahan lama adalah mengerti karakteristik pengguna sistem transmisinya. Perlu diingat fitur dual clutch pada Fiesta dan EcoSport beda karakter dengan penggunaan transmisi matik biasa atau jenis CVT," ujar Heru, Teknisi sekaligus pemilik bengkel spesialis Ford Sahabat Motor kepada Otomania, Kamis (11/2/2016).

Perlakuan saat berkendara wajib diubah, terutama yang suka membiasakan tuas transmisi pada pada posisi D ketika mobil diam, apalagi saat sedang macet di jalan tanjakan.

Meski mobil tidak berjalan, kondisi ini membuat sistem transmisi terus bekerja yang juga berimbas pada sistem elektronik TCM yang terus berjalan.

Heru menyarankan baiknya pindahkan tuas ke posisi netral (N) agar hubungan antara mesin dan transmisi terputus.

Selain itu pemilik Fiesta juga memperhatikan kondisi aki pada mobil. Jangan biarkan aki berada pada posisi lemah karena bisa berdampak langsung pada TCM.

"TCM merupakan perangkat elektronik yang berkaitan erat dengan aki, kalau kondisi aki tidak prima maka bisa membaut masalah bagi TCM. Jangan biarkan aki berada di bawah 55 ampere, sering cek kondisinya maksimal dua bulan sekali," saran Heru.

"Selain itu pemilik Fiesta juga bisa memperbanyak sambungan kabel masa ke bodi mobil, hal ini berguna agar penyebaran arus listrik lebih stabil tidak hanya dari satu kabel saja," imbuhnya.

Penulis: Stanly Ravel

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas