Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Sebelum Membeli Mobil, Tentukan Berapa Anggota Keluarga yang Akan Sering Diangkut

Mobil bekas masih dianggap dapat menghemat uang dibandingkan mobil baru, namun itu pun jika kondisi mobil bekas Anda berkualitas dan siap pakai.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Sebelum Membeli Mobil, Tentukan Berapa Anggota Keluarga yang Akan Sering Diangkut
TRIBUN/DANY PERMANA
Chief Information Officer mobil123.com Joey Caisse (kiri) bersama Country Manager mobil123.com PC Gan (kanan) saat pembukaan kantor baru di Mampang, Jakarta, Selasa (10/2/2015). Mobil123.com merupakan situs e-commerce untuk memasarkan produk otomotif secara gratis serta dilengkapi dengan berita otomotif yang didirikan pada tahun 2012 bagian dari iCar Asia memiliki jaringan di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Sejak beberapa tahun terakihir, mobil telah menjadi kebutuhan penting bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Mobil tak lagi dianggap sebagai barang mewah karena ketergantungan keluarga pada moda transportasi ini.

Di tengah serbuan mobil-mobil baru yang terpajang di etalase dealer-dealer resmi di bawah jaringan agen tunggal pemegang merk (APM), pasar mobil bekas pun tak kalah menariknya dan menyajikan banyak pilihan.

Mobil bekas menjadi alternatif bagi sebagian orang, terutama mereka yang tidak mampu membeli mobil baru atau memang dia mengincar mobil tersebut sejak lama.

Mobil bekas masih dianggap dapat menghemat uang dibandingkan mobil baru, namun itu pun jika kondisi mobil bekas Anda berkualitas dan siap pakai.

PC Gan, Country Manager Mobil123.com, situs otomotif ternama di bidang jual beli mobil baru dan bekas di Indonesia membagikan beberapa tips penting buat Anda, pembaca Tribun, yang akan membeli mobil baru ataupun bekas:

Pertama, pertimbangkan dengan matang jenis mobil, apakah yang cocok untuk Anda. Di dealer mobil baru dan bekas menyediakan mobil SUV, MPV, sedan, atau crossover.

Sebelum memilih mobil, pertimbangkan berapa jumlah anggota keluarga Anda, siapa saja yang akan menjasdi pemakai rutin mobil tersebut? Untuk tujuan kemana saja mobil tersebut akan dipakai?" kata PC Gan.

Kedua, jika Anda dan keluarga telah memutuskan untuk membeli salah satu jenis mobil, maka belilah mobil yang sesuai dengan kemampuan dompet Anda.

BERITA TERKAIT

"Kami tidak menyarankan Anda memaksakan kehendak dengan membeli mobil baru atau mobil bekas secara kredit karena akan berpotensi menyulitkan Anda dan keluarga di masa depan," kata PC Gan.

Ketiga, jika Anda merasa yakin membeli secara kredit maka pilihlan perusahaan pembiayaan dengan mitra perusahaan asuransi yang bonafid.

"Pilih skema kredit mobil yang tidak mencekik Anda dengan cicilan relatif ringan dan tenor tidak terlalu lama," saran PC Gan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas