Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Pasar Kendaraan Komersial Turun, Hino Masih Pertahankan Pangsa Pasar 59,07 Persen

"Penurunan pasar ini tentunya berdampak pada semua pelaku bisnis kendaraan komersial."

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Pasar Kendaraan Komersial Turun, Hino Masih Pertahankan Pangsa Pasar 59,07 Persen
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Line up kendaraan komersial Hino di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Di tengah tren permintaan truk baru yang menurun beberapa tahun terakhir, Hino Indonesia masih mampu mempertahankan posisinya selama 16 tahun berturut-turut sebagai pemimpin pasar truk segmen medium duty di Indonesia.

Data terbaru sepanjang Januari – Mei 2016, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) agen pemegang merk truk dan bus Hino di Indonesia, membukukan penjualan sebanyak 3.771 unit.

Angka  ini setara dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 59,07 persen di truk segmen medium duty (truk kategori III).

Di segmen truk ringan kategori II, HMSI membukukan penjualan 4.594 unit truk Hino Dutro atau setara dengan 21 pangsa pasar.

Angka ini menurut Santiko Wardoyo, DIrektur Sales dan Promosi HMSI, menunjukkan kinerja yang lebih baik jika dibanding periode yang sama tahun lalu yang saat itu sebesar 18 persen.

Santiko menyebutkan, secara total pasar kendaraan komersial selama Januari – Mei 2016 turun 18 persen jika dibanding periode yang sama tahun lalu.

Untuk segmen truk medium duty, pasar nasional turun hingga 12 persen. Sebagai perbandingan, tahun lalu di segmen ini berhasil terjual 7.226 unit kendaraan.  Sementara, di tahun ini pasar melorot menjadi 6.384 unit.

BERITA TERKAIT

Sementara, di segmen truk ringan, pasar turun lebih dalam lagi, mencapai  20 persen ke angka 21.881 dari tahun sebelumnya yang masih membukukan penjualan 27.194 unit.

"Penurunan pasar ini tentunya berdampak pada semua pelaku bisnis kendaraan komersial," kata Santiko.

“Kondisi pasar di Indonesia yang belum stabil dikarenakan pertumbuhan ekonomi yang belum terlihat, tentunya berdampak besar pada dunia bisnis," imbuh Santiko.

"Penurunan pasar kendaraan komersial cukup significant pada tahun ini,namun market share kami selama Januari–Mei 2016  dapat meningkat menjadi 21 persen untuk Hino Dutro dan Hino Ranger tetap bertahan di angka 59 persen," ungkap Santiko Wardoyo.

Santiko menyebutkan, pencapaian positif saat ini ini tidak terlepas dari strategi Hino menghadirkan produk–produk terbaik dengan beragam pilihan ke customer untuk menunjang bisnis mereka.

Selain itu ditopang pula oleh program layanan purna jual yang prima dan jaringan penjualan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tercatat selama periode Januari – Mei 2016 Hino membuka dua showroom baru dengan fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Part ), masing-masing berlokasi di Sorong dan Cakung. 

Total jaringan diler Hino di Indonesia saat ini mencapai 159 outlet.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas