Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Motor KTM Siap Dirakit di Driyorejo Gresik, Harga Jualnya Kini Turun Drastis

Strategi kami merakit secara CKD di Gresik ini akan memangkas biaya produksi hingga 25 persen."

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Motor KTM Siap Dirakit di Driyorejo Gresik, Harga Jualnya Kini Turun Drastis
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
KTM menurunkan harga jual seluruh model motor sport-nya yang dipasarkan di Indonesia, menyusul segera dirakitnya motor ini secara CKD di Driyorejo, Gresik, dalam waktu dekat. 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG- Motor sport asal Austria, KTM, sekitar satu setengah tahun lagi akan mulai resmi dirakit di pabrik pertamanya di Indonesia di kawasan industri di daerah Driyorejo, Gresik, Jawa Timur. Sejumlah model motor KTM akan dirakit di pabrik tersebut dalam bentuk completely knocked down (CKD) dengan sejumlah komponennya yang didatangkan dari pabrik KTM di luar negeri.

Perakitan motor KTM scara lokal ini akan menguntungkan para pecinta KTM di Indonesia karena harga jualnya ke konsumen akan turun drastis.

Presiden Direktur PT Penta Laju Jaya Motor, agen pemegang merk KTM di Indonesia, Kristianto Goenadi mengatakan, keputusan merakit lokal motor-motor KTM ini tak lepas dari demand konsumen motor KTM yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun, animo tersebut, bagi sebagian pecinta KTM, terkendala oleh harga jualnya yang masih tinggi.

"Dengan merakit secara lokal semua motor KTM yang dipasarkan di sini, harga jualnya akan jauh lebih rendah dan siap bersaing dengan motor di kelas sejenis dari merk kompetitor," kata Kristianto Goenadi di sela gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di ICE BSD City, Tangerang.

Booth KTM di arena GIIAS 2016, Senin (15/8/2016)

Kristianto menjelaskan, meski pabrik untuk merakit motor KTM baru akan resmi beroperasi sekitar 1,5 tahun lagi, penurunan harga jual motor KTM sudah dilakukan sejak gelaran GIIAS 2016.

KTM memang membuka booth di arena GIIAS 2016 dengan menempati area di Hall 1.

Rincian harga

BERITA TERKAIT

Kris menyebutkan, KTM RC250, harga jualnya kini turun menjadi hanay Rp 48 juta. Sementara tipe 250 Duke dilepas di harga Rp 44 juta. Tipe lain, KTM RC 200 kini dilepas di harga Rp 37 juta dan tipe 200Duke dipasarkan seharga Rp 33 juta. "Semuanya sudah on the road Jakarta," ungkap Kris.

"Strategi kami merakit secara CKD di Gresik ini akan memangkas biaya produksi hingga 25 persen dan menurunkan harga jual ke konsumen hingga 40 persen," kata Kristianto Goenadi.

Dia menambahkan, strategi merakit lokal produk KTM di Indonesia dilatarbelakangi oleh terbentuknya aliansi strategis antara KTM Austria dengan prinsipal pabrikan motor asal India, Bajaj Auto Limited (BAL).

Kedua perusahaan menjalin partner strategis sejak 2008 dan diwujudkan lewat produksi beberapa model street bike KTM yang diproduksi di pabrik BAL di India dan dipasarkan ke 60 negara di seluruh dunia, termasuk pasar Indonesia yang dipasarkan oleh perusahaan joint venture, PT Penta Jaya Laju Motor.(fin)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas