Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Autocross Mulai Digilai Anak Muda, Ini Aturan Mainnya

Autocross merupakan olahraga mobil seperti rally tapi menggunakan jalan bebas.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Autocross Mulai Digilai Anak Muda, Ini Aturan Mainnya
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Autocross memberi kesempatan kepada siapa saja untuk menikmati olahraga otosport di track tanpa harus dengan biaya mahal. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Autocross terbilang olahraga baru di dunia motorsport dan kini makin digemari anak muda. Olahraga ini terbilang murah untuk ukuran cabang motorsport lantaran untuk menikmati autocross tidak membutuhkan sirkuit khusus yang luas.

Dalam setiap kompetisi atau perlombaan, Autocross mengandalkan waktu dan kehandalan melewati lintasan sebagai acuan penilaian utama pserta bisa keluar sebagai juara.

Yahya Adi Nugroho, Ketua Pelaksana Gas In Flat Out (GIFO) Vol. 3 mengatakan, Autocross mengusung genre fun autosport.

"Olahraga ini memberi kesempatan kepada siapa saja untuk menikmati olahraga otosport di track tanpa harus dengan biaya mahal," katanya.

Dia mencontohkan, Gas In Flat Out (GIFO) Vol. 3 di ICE BSD City,Minggu (28/8/2016) lalu, track-nya menggunakan lahan parkir conblock selulas 3,5 ha dan dirancang bisa ditempuh dalam satu menit untuk satu kali putaran.

Dengan menggunakan lapangan terbuka, lintasan dibentuk menggunakan conedan peserta dituntut melewati lintasan secepat mungkin tanpa menjatuhkan cone.

Regulasi di olahraga ini, jika ada cone yang terjatuh, peserta akan mendapatkan penalti berupa penambahan waktu.

BERITA TERKAIT

"Mobil peserta lomba mulai dihitung waktunya sejak saat mobil melewati garis start sampai melewati garis finish. Ada denda untuk mobil yang senggol cone berupa pengurangan waktu dua detik per satu kesalahan," jelasnya.

Peserta yang salah mengambil jalur juga kena penalti denda 20 detik.

"Yang biasa ikut olahraga drifting atau slalom biasa mudah membaca cone. Tapi buat yang gak biasa, melihatnya ada banyak cone bertebaran," kata Yahya.

 Menguji Ketangkasan

Berbeda dengan Gymkhana dan Slalom yang sangat mengasah ketangkasan driver dalam meliuk-liukan kendaraan untuk memutari cone, layout track autocross lebih sederhana tanpa mengharuskan driver menarik e-brake atau melakukan sliding.

Perbedaan signifikan lainnya antara autocross dengan gymkhana atau slalom sendiri ada pada layout lintasan yang lebih mengacu untuk ke arah high speed.

Autocross menguji kemampuan driver menaklukkan tikungan demi tikungan dengan teknik manuver tanpa menggunakan hand brake.
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas