Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Brisk A-Line, Busi Buatan Republik Ceko, Tangguh untuk Mobil

"Kami sudah lakukan dyno test uji performa busi A Line dengan busi OEM mobil, ada peningkatan 4-6 horse power."

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Brisk A-Line, Busi Buatan Republik Ceko, Tangguh untuk Mobil
IST
Busi Brisk A-Line saat diperkenalkan di Pekan Raya Jakarta, Selasa (29/5/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah resmi memperkenalkan seri busi untuk sepeda motor di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu, PT Brisk Busi Indonesia memanfaatkan momentum pameran akbar Pekan Raya Jakarta 2018 untuk memperkenalkan seri busi Brisk terbaru untuk kendaraan roda empat.

Seri bus Brisk untuk mobil ini diberi nama A-Line dan resmi diperkenalkan di arena Pekan Raya Jakarta 2018, Selasa (29/5/2018).  

Jason Muliadi, Country Manager PT Brisk Busi Indonesia mengatakan, Brisk A-Line sudah lama dipasarkan di Eropa dan menguasai pasar busi untuk roda empat di sejumlah negara di sana.

Di Asia, sejak tiga tahun terakhir ini, Brisk memasarkannya ke Malaysia, Filipina, Vietnam, China dan kini di Indonesia. Sama seperti seri busi Brisk untuk sepeda motor, Brisk A-Line diproduksi di pabrik Brisk di Republik Ceko.

"Pasar kendaraan roda empat di Indonesia sangat besar dengan volume penjualan terbesar di kawasan Asia Tenggara, kami mencoba masuk menggarap pasar aftermarket melalui busi Brisk A-Line," ungkap Jason Muliadi.

Jason menjelaskan, Brisk A-Line menggunakan campuran material berkualitas tinggi dan dirancang membantu meningkatkan tenaga mesin (horse power) dengan kinerja yang lebih jika dibandingkan dengan busi iridium.

Baca: Waduh! Kredit Macet SNP Finance di Bank Mandiri Sundul Rp 1,4 Triliun

"Kelebihan dibandingkan busi iridium, kita gunakan logam khusus yang diberi nama yttrium yang merupakan campuran dari beberapa jenis logam," kata Jason.

BERITA TERKAIT

Pembakaran di ruang mesin menjadi lebih sempurna, sekaligus membuat tarikan mesin mobil jadi lebih enteng dan konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien. Selain itu, busi ini juga memiliki lifetime panjang, sampai 45.000 kilometer.

"Busi ini tipe copper yang merupakan penghantar listrik terbaik," jelas Jason. "Kami sudah lakukan dyno test uji performa busi A Line dengan busi OEM mobil, ada peningkatan 4-6 horse power."

PT Brisk Busi Indonesia memasarkan A-Line dengan harga kompetitif, yakni Rp 75 ribu per unit. Khusus selama pameran PRJ 2018, busi ini ditawarkan dengan harga Rp 60.000

"Produk ini sebelumnya sudah kami hadirkan di Malaysia. Selain kita perkenalkan di PRJ 2018, Brisk A-Line juga sudah mulai kita distribusikan di daerah seperti Palembang, Bangka, Lampung, Makasar," jelas Jason.

Busi Brisk A-Line
Busi Brisk A-Line saat diperkenalkan di Pekan Raya Jakarta, Selasa (29/5/2018).

Brisk A-Line dipasarkan dalam beberapa varian yang dicirikan dengan kode-kode tertentu untuk setiap produknya, menyesuiakan dengan tipe dan kapasitas silinder mesin pemakainya.

"Kita menyasar mobil penumpang seperti MPV dan city car buatan Jepang dan Eropa dengan kapasitas mesin 1.000 cc sampai 2.000-an cc yang sudah disesuaikan dengan karakter mobil-mobil di sini. Ada beberapa kode untuk masing-masing besaran CC mobilnya," ungkap Jason.

"Produk ini sebelumnya sudah kami hadirkan di Malaysia. Selain kita perkenalkan di PRJ 2018,brisk A-Line juga sudah mulai kita distribusikan di daerah seperti Palembang, Bangka, Lampung, Makasar.

Baca: Generasi Terbaru Suzuki Jimny 2019 Tertangkap Kamera Pengintai di Pabrik Suzuki Jepang

Brisk Busi Indonesia juga memasarkan busi ini melalui jaringan toko online, dan media sosial.

"Dengan harga yang kompetitif, kami ingin memberi lebih dari nilai yang dibayarkan konsumen," ungkap Jason.

"Selama ini untuk tipe busi motor, sambutan konsumen sangat antusias. Alhamdulillah kami senang sekali. Konsumen sepertinya juga sudah jenuh dengan produk yang itu itu saja di pasar, jadi kami hadir sebagai alternatif," tandas Jason.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas