Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Pengalaman Drifter Akbar Rais Gunakan Ban Semi Slick, Accelera 651 Sport

Popularitas Akbar Rais di olahraga drifting membuat lrodusen ban tertarik mengajaknya menjajal ban khusus untuk racing dan drifting.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Pengalaman Drifter Akbar Rais Gunakan Ban Semi Slick, Accelera 651 Sport
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Drifter Akbar Rais (tengah) bersama Surya Dharma, Sales and Marketing Manager PT Elangperdana Tyre Industry (kiri) di acara sharing session di arena GIIAS 2018, Minggu (5/8/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Akbar Rais selama ini dikenal sebagai salah satu drifter handal Tanah Air. Dia sudah menekuni olahraga otomotif ini cukup lama.

Perkenalannya pada olahraga ini dimulai ketika dia menonton film Fast & Furious: Tokyo Drift yang kemudian membuatnya tertarik mempelajari teknik drifting: membawa mobil melaju sambil berjalan miring-miring dalam kecepatan tinggi alias sideways.

Berbagai gelar juara pernah dia raih. Diantaranya, ketika pria ramah yang akrab disapa Ucok ini menjuara ajang jSuzuka Drift Championship tahun

Baca: Psstt. . . Ada Penampakan Confero S Anniversary Special Edition di Booth Wuling Motors

2016 yang berlangsung di Malaysia. Di kejuaraan ini Ucok meraih juara ketiga.

Popularitas Akbar Rais di olahraga drifting membuat lrodusen ban tertarik mengajaknya menjajal ban khusus untuk racing dan drifting.

Seperti dilakukan PT Elang Perdana Tyre Industry, produsen ban Tanah Air yang mengekspor produk bannya ke sejumlah negara Eropa. 

Perusahaan ini mengajak Ucok menjajal ban Accelera 651 Sport, ban terbaru produksi mereka untuk para penyuka kecepatan.

BERITA TERKAIT

Akbar membagikan pengalamannya menjajal ban ini dalam sebuah sesi talkshow dengan media di booth Elang Perdana Tyre Industry di gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Minggu (5/8/2018).

Akbar Rais menuturkan, biasanya sebelum melakukan balapan atau drifting dirinya melakukan riset ban apa yang paling cocok yang selanjutnya disesuaikan dengan settingan mesin.

"Dari pengalaman memakainya, ban ini (Accelera 651 Sport) cukup nge-grip (menggigit di permukaan aspal), baik di lintasan basah atau kering," ungkap Akbar Rais.

"Ban ini bisa digunakan dengan tekanan angin yang sama pada saat jalan basah atau kering. Saya kira ini karena material kompon dan kembangan tapak ban," imbuhnya.

Untuk awal mencoba pemakaian ban Accelera 651 Sport ini Akbar Rais mengaku menggunakan tiga mobil berbeda. Yakni,  Subaru WRZ, BMW dan satu mobil touring.

Surya Dharma, Sales and Marketing Manager PT Elangperdana Tyre Industry mengatakan, ban Accelera 651 Sport ini dirancang bisa langsung nge-grip sejak awal pemakaian sampai akhir.

"Biasanya ban racing harus habiskan dulu kompon awal sebelum dapatkan ban yang benar benar nge grip. Pada ban ini, itu nggak berlaku. Ban semi slick ini juga bisa dipakai untuk harian. Aman, jangan khawatir," ungkap Surya Dharma.

Baca: Cerita Drifter Akbar Rais, dari Aksi di Jalanan Pondok Indah Hingga Jadi Drifter Profesional

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas