Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Jaringan Dealer 3S di Banten Masih Bolong, Suzuki Buka Outlet Baru di Kota Serang

Dari segi penjualan, Serang memberi kontribusi 0,7 % dari total penjualan Suzuki secara nasional.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Jaringan Dealer 3S di Banten Masih Bolong, Suzuki Buka Outlet Baru di Kota Serang
HANDOUT
Peresmian dealer Suzuki Pusaka Motor Utama, di Jl. Raya Serang-Pandeglang KM.5, Karundang, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Suzuki berusaha tidak lengah dengan munculnya beberapa brand baru kendaraan penumpang yang saat ini mulai menggempur pasar brand-brand Jepang.

Startegi yang kini dijalankan mengantisipasi mereka adalah dengan memperluas lagi jaringan dealer 3S-nya ke berbagai wilayah.

Terbaru, Suzuki membuka dealer 3S di wilayah Serang, Banten, yang dikelola salah satu jaringan grup mitra dealer besarnya, Pusaka Motor, di  Jl. Raya Serang-Pandeglang KM.5, Karundang, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten.

Dealer yang dikelola PT Pusaka Motor Utama (PMU) ini merupakan dealer resmi Suzuki ke-325 di Indonesia, dan dealer ketiga di bawah grup Pusaka setelah sebelumnya sudah mengelola dealer 3S Suzuki di Sukabumi dan Bekasi.

Diler PT PMU Serang berdiri di lahan seluas 4.113 m2 dengan luas bangunan 1.180 m2 dan dilengkapi layanan Sales, Service, dan Spareparts dengan fasilitas ruang pamer dan ruang tunggu bengkel.

Fasilitas pendukungnya adalah musholla, wifi, free coffee/tea dan snack. Sedangkan untuk fasilitas bengkel, dengan delapan stall untuk delapan unit kednaraan dalam sekali layanan servis.

Baca: Wuling Motors Bukukan 626 SPK, 972 Pengunjung Test Drive

Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT SIS membenarkan, ekspansi dealer ini untuk mengatasi fakta bahwa ada sebagian wilayah di Pulau Jawa yang belum terjangkau oleh dealer Suzuki yang sudah lebih dulu ada.

BERITA TERKAIT

"Kami membuka diler-diler di area yang jangkauannya masih minim. Apalagi Serang saat ini dikenal sebagai kawasan industri yang menjadi jantung ekonomi Banten. Dengan dibukanya PMU cabang Serang, potensi Suzuki untuk memperluas jaringan diler semakin besar di masa yang akan datang,” kata Surya.  

Serang saat ini menjadi kawasan berkembang dengan didominasui kawasan industri yang terbagi dalam dua zona, yakni Zona Industri Serang Barat di kawasan Bojonegara, Pulo Ampel, dan Kramat Watu.

Baca: DFSK Resmikan Dealer 3S di Kota Makassar

Industri yang beroperasi di kawasan ini antara lain industri mesin, logam dasar, kimia, maritim, dan pelabuhan.

Sedangkan di Zona Industri Serang Timur terletak di kawasan Cikande, Kibin, Kragilan, dan Jawilan.

Kedua zona industri tersebut kini menjadi percontohan bagi pembangunan kawasan industri Indonesia, khususnya di luar pulau Jawa.

Selain lokasi yang strategis, pengembangan kawasan industri di Serang telah terintegrasi dengan ketersediaan infrastruktur yang memadai.

Dari segi penjualan, Serang memberi kontribusi 0,7 % dari total penjualan Suzuki secara nasional.

Di 2017, Suzuki meraih market share 12,2 % dari wilayah kini. Sedangkan di semester pertama 2018, Suzuki menaikkan market share-nya menjadi 15,5 %.

Dengan dilakukannya pembukaan diler baru ini, secara nasional Suzuki kini memiliki 53 main dealer dan 325 outlet.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas