Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Pengguna Sepeda Motor Dominasi 75% Angka Kecelakaan di Indonesia

Sepeda motor masih dominasi angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Berdasarkan data dari Korlantas Polri 75 persen disumbangkan dari sepeda motor

Editor: Ilham F Maulana
zoom-in Pengguna Sepeda Motor Dominasi 75% Angka Kecelakaan di Indonesia
tribunnews.com
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor 

TRIBUNNEWS.COM- Sepeda motor masih jadi penyumbang angka kecelakaan terbesar seperti yang diutarakan oleh Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub.

Budi Setiyadi mengungkapkan kepada GridOto.com, "kalau kecelakaan motor itu tingkat fatalitasnya sangat tinggi sekali," jelasnya di Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Ia pun menyambung, "bahkan keselamatannya juga kurang terjamin, kenapa demikian? Karena sepeda motor itu kalau kesenggol mobil sedikit saja pasti akan jatuh."

Dibandingkan dengan jenis kendaraan lain, sepeda motor menjadi paling besar terlibat kecelakaan lalu lintas dalam data dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Sudah pasti kendaraan yang melawan arus atau forbidden merupakan suatu pelanggaran dan akan dikenakan sanksi. Sanksinya yakni sesuai dengan ketentuan Undang Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 287 ayat (1) menegaskan setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di Jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan rambu lalu lintas sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (4) huruf a atau marka jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf b dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah). Yuk, junjung adab berkendara yang baik di jalan raya . Demi kenyamanan dan keselamatan bersama. #streetmanners #innovacommunity #ICGatell #streetmannersindonesia #gridoto #kompasgramedia #otomotif #duniaotomotif #otomania #motorplus #motorplusonline #jip #otomotifweekly #kompasotomotif #gridnetwork @innovacommunity @ktci_pusat @wulingclub.id @ladiescar_community @yarisclub_indo @indonesiaautomotivesociety @yrfindonesia @yamaharxkingclubindependent @kinger_traveler

"Jadi data yang ada di Korlantas Polri 75 persen kecelakaan yang ada di Indonesia itu adalah sepeda motor," ujar Budi.

"Di mana Sepeda motor sebagai penyebab dan juga sebagai korban," sambungnya.

Budi mengaku yang paling bahaya ketika kecelakaan itu terutama adalah bagian kepala dan leher.

BERITA TERKAIT

Untuk itu, demi menekan angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor, menurutnya diperlukan pengenalan laik etika saat berkendara di jalan.

"Jadi semangat kita sedang membangun masalah keselematan. Nah, masyarakat juga harus ikut mendukung dong, jangan kita saja," bebernya.

"Saya kira ini sejalan dengan pemikiran para pakar tentang transportasi, dan juga sejalan dengan semangat negara kita untuk menomor satu keselamatan dalam aspek transportasi," lanjut Budi.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul "Kemenhub: Sepeda Motor Masih Dominasi Korban kecelakaan Lalu Lintas"

Sumber: Gridoto
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas