Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Perlu 6 Bulan untuk Wujudkan Sketsa Royal Enfield Concept KX Ini Jadi Nyata

Royal Enfield Concept KX dikembangkan hanya dalam waktu enam bulan selama musim panas sejak dari sketsa sampai tampil wujud utuh fisiknya.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Perlu 6 Bulan untuk Wujudkan Sketsa Royal Enfield Concept KX Ini Jadi Nyata
HANDOUT
Royal Enfield Concept KX yang ditampilkan di ajang EICMA 2018. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk pertama kalinya, tim desain industri Royal Enfield di India dan Inggris memilih event EICMA 2018 sebagai ajang untuk menghadirkan debut sepeda motor konseo v-twin ‘Concept KX’ kepada publik.

Motor ini dikembangkan hanya dalam waktu enam bulan selama musim panas sejak dari sketsa sampai tampil wujud utuh fisiknya.

Royal Enfield Concept KX terinspirasi oleh Royal Enfield model KX yang diproduksi di akhir dekade 1930 yang terkenal tangguh dengan mesin katup samping dan mempunyai kapasitas mesin 1.140cc yang disebut-sebut sebagai ‘puncak kemewahan bersepeda motor’.

Royal Enfield versi KX asli yang dijadikan patokan bagi konsep mesin merupakan penggambaran gaya populer motor ‘retro modern’ hasil penggabungan rangka rendah KX, garpu gelagar, dan tampilan dropped-in-wheels dengan desain mutakhir dan bahan mewah seperti tembaga dan kulit.

Royal Enfield Concept KX_2
Pembuatan sketsa Royal Enfield Concept KX di Inggris.

Tim desain Royal Enfield di India berkolaborasi sama dengan Tim Royal Enfield Technical Center di Inggris mulai menggarap proyek April 2018 lalu dengan konsep desain mesin v-twin sebagai patokan awal untuk kemudian melahirkan kembali versi baru sepeda motor ini. 

Dari berbagai pilihan pendekatan, dua interpretasi terpilih untuk diproduksi mejadi dua model yang berbeda; gaya neo-klasik dan futuristik.

Baca: Setiawan Lim, Pengusaha Kafe Pecinta Motor Harley yang tetap Gila Touring di Usia 70 Tahun

Konsep final yang ditampilkan di ajang EICMA hadir sebagai perpaduan sempurna dari kedua model tersebut, dengan fitur-fitur seperti garpu gelagar yang didesain ulang.

BERITA TERKAIT

Tampilan dibuat lebih tajam dan klasik, menggunakan cangkang lampu pra-perang yang diinterpretasikan kembali dengan cara yang modern dan imajinatif, serta tampilan suspensi belakang hardtail yang unik dan rangka tunggal swing arm samping.

Lampu depan dan belakang Royal Enfield Concept KX menampilkan versi modern dari Redditch ‘E’ logo Royal Enfield, dan memanfaatkan ‘ruang negatif’ yang umumnya terlihat pada sepeda motor pra-perang tanpa terlihat sesak karena ukuran aki yang besar, komponen elektronik dan kabel yang rumit.

Baca: Stan Lee, Kreator Komik Spider-Man dan Karakter Marvel Dipanggil Yang Maha Kuasa

Konfigurasi rangka dan airbox Royal Enfield Concept KX merupakan elemen penting dari mesin dan desain kantilever (menjorok keluar) digunakan pada tempat duduk motor ini.

Tampilan ‘clean’ motor ini juga didukung sistem kelistrikan yang lebih padu; bagian mesin CNC seperti pelek roda, engine heads, dan warna cat hitam-hijau dengan stripping tembaga dan sentuhan warna hitam pada mesin dan knalpot, serta jok kulit warna cokelat walnut yang serasi dengan grip stang.

Royal Enfield ‘Concept KX’ akan tetap menjadi ‘Concept’, dengan bangga tampil di booth Royal Enfield pada ajang EICMA 2018 meski tidak ada tujuan untuk diproduksi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas