Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Masuk Musim Hujan, Coba Cara Berikut Untuk Merawat Mobil

Perawatan mobil yang tepat di musim hujan, bisa mencegah mobil mengalami kerusakan mobil dalam jangka panjang. Ikuti langkahnya berikut ini

Penulis: Ilham F Maulana
zoom-in Masuk Musim Hujan, Coba Cara Berikut Untuk Merawat Mobil
Otomotif.net
Ilustrasi wiper mobil 

TRIBUNNEWS.COM- Sudah masuk musim hujan ada baiknya buat para pengguna mobil untuk mulai memperhatikan dan merawat kondisi mobil.

Tidak hanya di sektor mesin dan kaki-kaki mobil ketika akan digunakan dalam berkendara, tetapi juga di bagian bodi dan kaca mobil.

Karena tanpa disadari, perawatan mobil yang tepat di musim hujan bisa mencegah mobil mengalami kerusakan mobil dalam jangka panjang.

Berikut adalah sejumlah tips yang mungkin bisa kamu ikuti untuk merawat mobil di kala musim hujan.

Jangan asal pasang sirene dan lampu strobo yaa, Sob. Jangan sok-sokan minta prioritas jalan dengan menyamar jadi instansi tertentu. Yen ra sabar maburooo Yuk, junjung adab berkendara yang baik di jalan raya . Demi kenyamanan dan keselamatan bersama. #streetmanners #innovacommunity #ICGatell #streetmannersindonesia #gridoto #otomotif #duniaotomotif #otomania #motorplus #motorplusonline #jip #otomotifweekly #gridnetwork @innovacommunity @ktci_pusat @wulingclub.id @ladiescar_community @yarisclub_indo @indonesiaautomotivesociety @yrfindonesia @yamaharxkingclubindependent @kinger_traveler

1. Mengaplikasikan Coating pada Bodi Mobil

Cara ini bisa digunakan ketika ingin mendapatkan penampilan mobil lebih cemerlang dan terlihat seperti baru lagi.

Selain itu mengaplikasikan coating atau pelapis pada bodi mobil bisa membantu ketika ingin membilas setelah terguyur hujan deras.

Cairan coating bisa bermacam-macam jenis seperti waxing, nano coating, dan ceramic coating secara fungsi dan kelebihannya tentu berbeda-beda, juga harga yang diberikan.

BERITA TERKAIT

Pengaplikasiannya bisa tinggal datangi car care atau salon mobil yang menyediakan cairan tersebut.

2. Membilas Mobil Setelah Terguyur Hujan

Sebagian besar pemilik mobil punya kebiasaan buruk untuk membiarkan mobil kering setelah terguyur hujan.

Padahal membiarkan air hujan yang menempel hingga kering bisa memberi dampak buruk ke cat, bodi, dan kaca mobil.

Karena air hujan membawa sejumlah zat mineral dan partikel debu bisa menempel saat air hujan mongering, sehingga meninggalkan debu tipis.

Selain itu membiarkan air hujan tidak dibilas bisa jadi penyebab jamur di kaca.

Seperti yang diungkapkan pemilik Shinestly Detailing Jakarta, Aretho yang mengatakan, "penyebab jamur kaca adalah mineral seperti air hujan dan air tanah yang terdiri dari zat besi menempel dan mengering di permukaan kaca lalu menjadi bercak yang disebut water spot atau jamur."

3. Merawat Wiper Mobil

Kemampuan wiper dalam menyeka air hujan yang menempel pada permukaan kaca bisa tergantung dari kondisi dan perawatan komponennya.

Karena fungsinya yang penting untuk menjaga visibilitas ketika berkendara di musim hujan.

Bersihkan bilah wiper minimal dua kali seminggu dengan sampo khusus mobil, agar menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di bilah wiper. (Ilham/ GridOto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas