Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Daihatsu Tampik Penggunaan LED Bikin Perawatan Xenia Makin Mahal

Bambang tak menampik bila memang LED lebih mahal dari halogen. Hal tersebut karena faktor LED tidak bisa dibeli secarah terpisah

Daihatsu Tampik Penggunaan LED Bikin Perawatan Xenia Makin Mahal
ist
Animo konsumen terhadap Grand New Xenia begitu tinggi. Terutama untuk varian terbaru 1.500 cc 

TRIBUNNEWS.COM - Daihatsu menyodorkan Xenia baru dengan ubahan yang cukup signifikan pada tampilan depan. Mulai dari grill, bumper baru, sampai model headlamp bertumpuk yang sudah dilengkapi pencahayaan dari light emitting diode alias LED.

Meski membuat MPV sejuta umat tersebut makin terlihat mewah dan berkelas, namun ada anggapan bahwa dengan menggunaan lampu LED maka biaya perawatan akan makin membengkak.

Persepsi itu pun langsung ditepis Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi.

Menurut Bambang, justru banyak orang ingin mengganti LED karena lebih awet.

"Sebenarnya LED atau halogen punya lifetime yang cukup panjang. Memang ada istilahnya yang rusak, tapi itu jarang sekali. Jadi sebenarnya tidak ada patokan pasti untuk LED dari usia pakai, bisa bertahun-tahun," kata Bambang beberapa waktu lalu di Sibolga.

Baca: Ada Diskon Rp 12 Juta untuk Pembelian Xenia Baru

Bambang menjelaskan bila dari pengalamanya, dia pernah menggunakan lampu LED hingga enam tahun.

Selama kurun waktu itu, tidak ada perawatan khusus yang diperlukan, artinya dari segi biaya otomatis akan membuat lebih irit. Saat ditanya apakah usia pakai LED jauh lebih panjang dari halogen, Bambang menjelaskan bila hal itu tidak bisa dibedakan secara pasti.

Namun dari sisi penggunaan LED memang lebih efisien dalam pemakaian daya listriknya. 

"Dua-duanya itu lifetime, kecuali sama pengguna pernah lepas dan ganti lampu aftermarket.Ibaratnya tidak orginal seperti yang sudah dari pabrikan, kita tidak bisa jamin sampai kapan. Untuk perawatan tidak ada, paling hanya perhatikan kondisi mika saja jangan sampai kotor, karena kalau kotor bisa sinar terhalang dan dampaknya mika akan panas," ucap Bambang.

Soal harga beli, Bambang tak menampik bila memang LED lebih mahal dari halogen. Hal tersebut karena faktor LED tidak bisa dibeli secarah terpisah, tapi harus sekaligus satu set.

"Hologen itu sekitar Rp 120.000-an untuk Xenia, kalau LED karena per titik dan tidak bisa pretelan itu memang lebih mahal. Satu sisinya itu sekitar Rp 2 juta, jadi kalau kiri-kanan sekitar Rp 4 jutaan," kata Bambang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pakai LED, Perawatan Xenia Baru Jadi Mahal?" 

Ikuti kami di
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas