Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Bedah Suzuki Jimny Terbaru: Approach Angle 37 Derajat, Medan Terjal Tak Sampai Nyenggol Bumper

Sebagai kendaraan compact off road satu- satunya di Indonesia, Jimny menyandang berbagai fitur orisinal. Salah satunya adalah All Grip Pro.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Bedah Suzuki Jimny Terbaru: Approach Angle 37 Derajat, Medan Terjal Tak Sampai Nyenggol Bumper
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
SUV kompak Suzuki Jimny terbaru yang diluncurkan di gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD City, Tangerang. 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmimerilis generasi ketiga Suzuki Jimny di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang, 18-28 Juli 2019.

SUV kompak 4x4 untuk medan off road ini sejak lama ditunggu-tunggu para pecinta setia Jimny. Tak heran, inden dari berbagai kota pun mengular.

Lalu seperti apa sebenarnya teknologi yang disematkan di SUV kompak berkapasitas 4 penumpang ini? Mari kita bedah!




Sebagai kendaraan 4x4, Jimny terbaru dirancang untuk menaklukkan medan terjal tanpa mengurangi kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.

Itu sebabnya, SUV ini meraih gelar 2019 World Urban Car dan World Car.

Baca: Polisi Tembak Mati Pemalak Sopir Truk di Simpang Macan Lindungan, Kapolres Ungkap Motif Brigpol IP

Sebagai kendaraan compact off road satu- satunya di Indonesia, Jimny menyandang berbagai fitur orisinal. Salah satunya adalah All Grip Pro.

Penampilan Suzuki Jimny di booth Suzuki di hari ketiga GIIAS 2019, Sabtu (20/7/2019).
Penampilan Suzuki Jimny di booth Suzuki di hari ketiga GIIAS 2019, Sabtu (20/7/2019). (TRIBUNNEWS/LITA FEBRIANI)

Fitur ini dapat memuaskan para profesional yang membutuhkan performa mengemudi dengan respon cepat serta bermanuver di medan yang sulit. "Sesuai dengan tagline ‘Gear for Pro’, Suzuki Jimny menjadi jawaban atas ekspektasi akan kebutuhan fungsional untuk mendukung beragam aktivitas para pengguna profesional,” kata Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

BERITA TERKAIT

Jimny memiliki dimensi panjang 3.265 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm yang dirancang secara compact, kokoh,
dan gesit untuk menerjang berbagai kontur jalan.

Jimny dirancang lincah bermanuver lewat pengaturan tiga sudut: approach angle sebesar 37°, ramp breakover sebesar 28°, dan departure angle sebesar 49° di bagian roda yang menentukan tingkat kecuraman medan yang bisa dilalui tanpa mengenai bumper atau under body.

Dapur pacu

Mengenai dapur pacunya, Suzuki Jimny mengusung mesin K15B dengan kapasitas 1.462cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 102 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm.

Mobil pilihan para profesional ini juga dilengkapi dengan suspensi 3-Link Rigid Axle yang dilengkapi Coil Spring baik untuk sisi depan maupun belakang.

Fitur ini membantu meredam guncangan saat berkendara melalui kontur jalan tidak rata maupun berbatu.

Untuk mendukung jiwa petualang pengemudi off road, ketangguhan dan kegesitan Jimny semakin nyata dengan Ground Clearance setinggi 210 mm serta radius putar 4,85 m yang mampu melakukan manuver di berbagai kondisi jalan yang ditempuh.

Seluruh spesifikasi ini didukung oleh mode berkendara four-wheel drive yang dilengkapi dengan fitur All Grip Pro 4WD yang menawarkan kemampuan off road yang tinggi.

Fitur ini memberikan kebebasan pada pengemudi untuk memilih mode berkendara sesuai dengan kebutuhan, yaitu 2H untuk berkendara di kecepatan dan jalan normal (aspal / kerikil kering), 4H untuk berkendara di jalan off road, dan 4L untuk berkendara di bebatuan kasar, lumpur, dan medan yang lebih ekstrem.

Jimny terbaru dibanderol dengan harga On the Road (OTR) Jakarta sebesar Rp 315,5 juta untuk varian single tone MT, Rp 317,5 juta untuk varian two tone MT, Rp 328 juta untuk varian single tone AT, dan Rp 330 juta untuk varian two tone AT.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas