Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

GIIAS 2019

Tingkatkan Kompetensi SDM, Astra Isuzu Jalankan Strategi Link and Match ke Pelajar SMK

Setelah selesai menjalani pelatihan, guru-guru SMK mengajarkan kembali materi pelatihan kepada siswa-siswi di sekolah tempat mereka mengajar.

Tingkatkan Kompetensi SDM, Astra Isuzu Jalankan Strategi Link and Match ke Pelajar SMK
TRIBUNNEWS/LITA FEBRIANI
Penyerahan secara simbolis program CSR Isuzu Link & Match with SMK di booth Isuzu di pameran otomotif GIIAS 2019, Jumat (26/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menjalankan kegiatan CSR untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia melalui pendidikan dengan menyasar pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui program 'IAMI Education Partner' yang mengusung tema 'Isuzu Link & Match with SMK'.

Program ini sudah dirintis sejak tahun 2017 untuk mempersiapkan lulusan SMK yang tangguh dan mampu bersaing di dunia kerja melalui pembekalan wawasan dunia kerja, praktek kerja industri, penyelarasan kurikulum berbasis kompetensi, pengembangan sarana dan prasarana praktekum.

Penyelarasan kurikulum berbasis kompetensi seperti melakukan pelatihan kepada guru-guru SMK telah dilakukan Isuzu Indonesia pada 17-21 Desember 2018.

Setelah selesai menjalani pelatihan, guru-guru SMK mengajarkan kembali materi pelatihan kepada siswa-siswi di sekolah tempat mereka mengajar.

Materi kompetensi yang diajarkan kepada guru-guru SMK meliputi mekanik mesin diesel, pperator las dan perator LK3 (Lingkungan Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

"Kita sebenernya ada 4 CSR. Ada di bidang pendidikan, bidang lingkungan, bidang income generating activity dan bidang kesehatan. Hari ini kita lebih fokus di bidang pendidikan. Ini bagaimana industri match dengan pendidikannya. Sekarang itu kendalanya SMK lulus tapi ngga siap kerja. Makanya keluar Inpres pak Jokowi waktu itu dan meminta kita melakukan itu," tutur Beny Dwyanto, General Manager Service Division PT IAMI saat Jumpa Pers usai melakukan penyerahan kerjasama dengan SMK di GIIAS 2019, Jumat (26/7/2019).

Baca: Toyota Luncurkan Van Mewah HiAce Premio, Harga Rp 516 Juta On The Road Jakarta

Program ini digulirkan untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMK di lingkungan Bisnis Isuzu sehingga siap memasuki dunia kerja dengan menggandeng beberapa SMK sebagai partnernya.

SMK yang digandeng adalah SMK Taruna Bangsa Bekasi, SMK Pratama Mulya Karawang dan SMK Texmaco Karawang.

Baca: Pajero Sport Facelift Sudah Meluncur di Thailand, Maaf, Belum Akan Buru-buru Mengaspal di Indonesia

"Kami mulai dengan memberi wawasan mengenai dunia kerja sampai kita membuat kurikulum terkait bisnis kita mengenai bahan bakar diesel. Jadi kadang-kadang yang sering orang tahu adalah bahan bakar bensin, diesel malah ngga tau," sambung GM Service Division PT IAMI.

Astra Isuzu saat ini juga telah merambah program CSR bidang pendidikannya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dengan menggandeng Politeknik Manufaktur Astra dan Politeknik Negeri Jakarta.

Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas