Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ketahui Tingkat Kegelapan Kaca Film di Mobil yang Ideal

Kaca film merupakan aksesori yang terbilang wajib pada mobil. Fungsinya beragam, yang paling penting adalah mampu menahan panas dalam kabin.

Ketahui Tingkat Kegelapan Kaca Film di Mobil yang Ideal
Otomotifnet
kaca film ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM -  Kaca film merupakan aksesori yang terbilang wajib pada mobil. Fungsinya beragam, yang paling penting adalah mampu menahan panas dalam kabin.

Selain itu, kaca film juga bisa membuat kabin mobil terasa lebih privat, karena aktivitas di dalam mobil tak bisa terlihat dari luar.

Menurut Iin, owner Maju Jaya, salah satu spesialis kaca film di Blok M Mall, konsumen di tokonya paling banyak memasang kaca film dengan kegelapan 40 persen.

"Kalau depan paling banyak 40 persen, samping dan belakang 80 persen. Tapi banyak juga yang pasang 60 persen," ucap Iin.

Memasang kaca film ternyata gak bisa sembarangan juga sob, ada regulasinya!

AKBP Budiyanto yang saat itu menjabat sebagai Kasubdit BIN GAKKUM Polda Metro Jaya menyebutkan, aturan spesifik kaca film.

Aturan itu tersurat dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca pada Kendaraan Bermotor.

Dikatakan, kaca depan, belakang dan samping harus terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah.

Baca: Wincos Kini Resmi Jadi Kaca Film OEM untuk Honda Brio Satya dan Brio E CVT

Lalu, bisa tembus pandang dari dua arah serta tidak mendistorsi pengelihatan orang yang ada di dalam mobil ke luar mobil.

Dijelaskan juga kaca mobil boleh dilapisi bahan berwarna, asalkan dapat menembus cahaya dengan persentase tidak kurang dari 70 persen.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Gridoto
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas