Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Survei Membuktikan, Pameran Mobil Bukan Lagi Referensi Utama Saat Orang Akan Beli Kendaraan Baru

Survei ADM sebelumnya mendapati, sekitar 45 persen konsumen ingin membeli mobil akan datang ke pameran otomotif sebelum menentukan mobil pilihannya.

Survei Membuktikan, Pameran Mobil Bukan Lagi Referensi Utama Saat Orang Akan Beli Kendaraan Baru
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
ILUSTRASI - MPV murah Renault Triber diluncurkan dan dipamerkan di booth Renault di pameran otomotif GIIAS 2019, Sabtu (27/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Saat ini ada tendensi perubahan perilaku konsumen saat ini saat akan membeli mobil baru. Marketing and CR Division Head Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, temuan tersebut mengacu hasil survei oleh internal ADM.

"Kami dari Daihatsu melakukan survei kepada sekiranya 500 orang, untuk mengetahui perubahan perilaku konsumen di tengah wabah Covid-19," ujar Hendrayadi dalam diskusi online Astra Daihatsu bersama Merdeka.com, Selasa (23/6/2020).

Dia menyebutkan, survei ADM sebelumnya mendapati, sekitar 45 persen konsumen ingin membeli mobil akan datang ke pameran otomotif sebelum menentukan mobil pilihannya.

Baca: Update Harga Terbaru Mobil Murah Seken Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Honda Brio Satya

"Pada saat ini, konsumen yang langsung mengunjungi pameran mobil mengalami penurunan dan hanya menyisakan 23 persen saja," kata Hendrayadi.

Baca: Maaf, IIMS 2020 Harus Ditunda karena Virus Corona

Menurut Hendrayadi, perubahan ini mungkin dipengaruhi adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah. Adanya PSBB juga membuat source informasi menjadi berubah, dan banyak melalui media online atau internet. 

Baca: Gaikindo Pastikan GIIAS Tetap Berlangsung, Digelar Akhir Oktober 2020

"Kami juga melakukan survei, terhadap pengguna internet. Ternyata orang yang menggunakan internet dalam waktu satu jam, bertambah dari 36 persen menjadi 39 persen dan dimungkinkan karena banyak aktivitas yang dilakukan dari rumah," kata Hendrayadi.

Baca: Smartphone dari Black Market Masih Bisa Digunakan Meskipun Ada Aturan Blokir IMEI, Ini Alasannya

Perubahan perilaku konsumen untuk mendapatkan informasi terkait Daihatsu, lanjut Hendrayadi, juga mengalami perubahan. Terlihat dari jumlah pengunjung web Daihatsu dan unduhan aplikasi yang meningkat hingga 200 persen.

Baca: Trik Membeli Mobil Bekas Agar Tak Tertipu dan Salah Pilih yang Bikin Nyesel

"Dengan perubahan ini Daihatsu juga tentunya menyiapkan strategi agar konsumen tetap bisa mendapatkan informasi terkait penawaran, spesifikasi mobil, dan program yang diberikan Daihatsu secara online," kata Hendrayadi.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas