Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pemprov DKI Wajibkan Uji Emisi untuk Mobil dan Motor Berusia 3 Tahun

Pemprov DKI Jakarta memperketat aturan terkait gas buang kendaraan bermotor baik mobil dan sepeda motor melalui wajib uji emisi.

Pemprov DKI Wajibkan Uji Emisi untuk Mobil dan Motor Berusia 3 Tahun
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Petugas dari Dinas Perhubungan Kota Semarang bersama petugas kepolisian dari Polrestabes Semarang melakukan pemeriksaan surat kelengkapan berkendara kepada sopir bus Trans Semarang dan juga melakukan uji emisi bus BRT di depan halte BRT Simpang Lima Kota Semarang, Kamis (27/9). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Demi menekan polusi udara, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperketat aturan terkait gas buang kendaraan bermotor baik mobil dan sepeda motor melalui wajib uji emisi

Regulasinya sudah resmi dikeluarkan melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 Tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, yang merupakan revisi dari Pergub Nomor 92 Tahun 2007. 

Ada beberapa poin revisi yang dilakukan dalam Pergub 66 atas ubahan Pergub 92. Salah satunya adalah soal target kewajiban uji emisi yang kini menyasar ke kendaraan milik pribadi. 

Hal ini tertulis dalam Pasal 2, sementara untuk kewajibannya dijabarkan dalam Pasal 3 dengan bunyi; 

(1) Sasaran uji emisi gas buang Kendaraan Bermotor meliputi: 

Mobil Penumpang Perseorangan 
Sepeda Motor 
 

(2) Mobil Penumpang Perseorangan dan Sepeda Motor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang batas usia kendaraannya lebih dari 3 tahun. 

Pasal 3; 

Setiap pemilik Kendaraan Bermotor wajib melakukan uji emisi gas buang dan memenuhi Ambang Batas Emisi. 

Wajib uji emisi gas buang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan paling sedikit 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun yang dilaksanakan di Tempat Uji Emisi dan dilakukan oleh Teknisi Uji Emisi. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas