Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Supaya Mesin Awet, Jangan Asal Isi Pertalite atau Pertamax, Ini Penjelasannya

Setiap kendaraan memiliki kapasitas dan kompresi mesin yang berbeda, maka itu jangan asal asalan saat memilih bahan bakar supaya mesin tidak rusak.

Penulis: Andra Kusuma
zoom-in Supaya Mesin Awet, Jangan Asal Isi Pertalite atau Pertamax, Ini Penjelasannya
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Petugas operator mengenakan masker dan pelindung wahah mengisi bahan bakar minyak (BBM) pada kendaraan bermotor di salah satu SPBU di Kota Bandung, Jumat (12/6/2020). Menghadapi normal baru, Pertamina telah menyiapkan sejumlah protokol kesehatan cegah Covid-19 tambahan di SPBU, untuk konsumen kendaraan roda dua saat melakukan pengisian bahan bakar wajib turun dari motor dan berdiri di samping motor, sehingga tetap dapat menjaga jarak aman dengan memposisikan diri berseberangan dengan operator SPBU. Sedangkan konsumen kendaraan roda empat dapat tetap berada di dalam kendaraan dan apabila diperlukan keluar dari kendaraan wajib menjaga jarak aman minimal 1 meter dari operator. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM - Setiap kendaraan bermotor memiliki kapasitas dan kompresi mesin yang berbeda.

Kompresi mesin yang berbeda juga membutuhkan bahan bakar yang sesuai, tidak boleh sembarangan.

Ini akan berpengaruh pada keawetan dan juga perfoma mesin.

Sebaliknya, penggunaan bahan bakar yang tepat, dapat memperpanjang usia mesin dan membuat tarikannya lebih baik.

Setiap mesin dengan rasio kompresi tertentu, akan lebih baik jika menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang sesuai.

Untuk diketahui, nilai oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secaar spontan.

Sedangkan rasio kompresi pada mesin pembakaran adalah nilai yang mewakili rasio volume ruang pembakaran dari kapasitas terbesar ke kapasitas terkecil.

BERITA TERKAIT

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM Didi Ahadi mengatakan, kendaraan yang tidak mengikuti anjuran pabrikan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan tertentu akan menimbulkan banyak akibat pada mesin.

“Adanya penimbunan kerak karbon di ruang bakar, karena tidak terbakar dengan sempurna. Sehingga mengakibatkan mesin mengelitik,” ujar Didi kepada Kompas.com.

Didi menambahkan, tenaga yang dihasilkan mesin juga dapat berkurang, karena banyak endapan karbon di ruang bakar.

Ke Halaman 2 ==>

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas