Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Efektif Mulai 30 Oktober 2020 Pukul 00.00 WITA, Ruas Tol Manado-Danowudu Diberlakukan Tarif

Jalan Tol Manado-Bitung menerapkan sistem transaksi tertutup, yaitu tarif tol dikenakan proporsional dengan besaran tarif Rp 1.111/Km.

Efektif Mulai 30 Oktober 2020 Pukul 00.00 WITA, Ruas Tol Manado-Danowudu Diberlakukan Tarif
Jasamarga Manado Bitung
Jalan tol Manado-Bitung. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  – Setelah beberapa waktu dioperasikan tanpa tarif, mulai hari Jumat, 30 Oktober 2020, pukul 00.00 WITA, tarif Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu diberlakukan.

Jalan Tol Manado-Bitung menerapkan sistem transaksi tertutup, yaitu tarif tol dikenakan proporsional (sesuai jarak pengguna jalan) dengan besaran tarif Rp 1.111/Km.

Kendaraan golongan I (kendaraan pribadi), untuk tarif terjauh jika masuk dari Gerbang Tol (GT) Manado dan keluar di GT Danowudu atau sebaliknya, dikenakan tarif sebesar Rp29.500.

Sementara untuk jarak terdekat, masuk dari GT Manado keluar di GT Airmadidi atau sebaliknya, dikenakan tarif sebesar Rp12.000.

Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) George I.M.P Manurung dalam konferensi pers dengan media melalui zoom, Senin (26/10/2020) mengatakan, pemberlakuan tarif ini mengacu pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1494/KPTS/M/2020 tanggal 14 Oktober 2020 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Manado-Bitung Segmen Manado-Simpang Susun Danowudu.

"Sejak diresmikan dan beroperasi tanpa tarif sejak selama kurang lebih satu bulan untuk memberikan sosialisasi yang lebih optimal kepada masyarakat, mulai Jumat ini atau pada tanggal 30 Oktober 2020, tarif jalan tol ini akan resmi berlaku," ujar George.

Berdasarkan SK Menteri PUPR tersebut, maka rincian daftar tarif lengkap untuk Jalan Tol Manado-Danowudu adalah sebagaimana infografis terlampir.

Dengan adanya sistem transaksi tertutup, George mengingatkan pengguna jalan akan pentingnya menggunakan satu uang elektronik yang sama dalam bertransaksi di gerbang masuk maupun gerbang keluar serta memastikan kecukupan saldo uang elektronik selama perjalanan.

Total panjang Jalan Tol Manado-Bitung mencapai 39 km.

Jalan tol ini dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) dan terdiri dari dua seksi, Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 km) yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 km) yang dibangun PT JMB.

Baca juga: Menteri PUPR: Tol Manado-Bitung Bantu Kembangkan Kawasan Ekonomi Khusus

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas