Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

PLN Gandeng Produsen Otomotif untuk Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik

PLN menggandeng produsen kendaraan listrik seperti Grab, Gesits, Hyundai dan Wuling untuk mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

PLN Gandeng Produsen Otomotif untuk Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik
Tribunnews
Dirut PLN Zulkifli Zaini. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggandeng produsen kendaraan listrik seperti Grab, Gesits, Hyundai dan Wuling untuk mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, kolaborasi ini merupakan wujud nyata PLN untuk mendukung ekosistem kendaraan bermotor berbasis baterai melalui infrastruktur dan sistem pengisian daya.

"Melalui kerjasama dengan produsen dan pelaku usaha ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri kendaraan listrik di Indonesia," ujar Zulkifli dalam konferensi pers virtual, Rabu (18/11/2020).

Zulkifli juga menjelaskan, ada enam poin dalam kerja sama ini yaitu diantaranya yang pertama untuk mempercepat masuknya kendaraan berbasis listrik ke Indonesia.

Baca juga: Ikuti Jejak Hyundai, Toyota Akhirnya Ikut Fokus Pasarkan Mobil Listrik di Indonesia

"Kedua adalah menentukan standarisasi protokol home charger dan sistem navigasi PLN untuk kendaraan listrik. Ketiga, menghadirkan paket kecukupan daya sambungan listrik untuk pemilik kendaraan listrik," ucap Zulkifli.

Baca juga: Mobil Listrik Murni Toyota untuk Market Indonesia Akan Dipasarkan dengan Merek Lexus

Keempat, lanjut Zulkifli, melakukan kolaborasi layanan PLN dengan kendaraan bermotor listrik kepada pembeli. Kelima, melakukan join brand dengan mitra kendaraan bermotor listrik, dan terakhir melakukan join brand berkelanjutan.

Baca juga: Honda Belum Akan Buru-buru Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia

"Dengan adanya kolaborasi ini, masyarakat tidak perlu ragu lagi ragu untuk memiliki kendaraan listrik. Karena, PLN dalam hal ini siap mendukung sistem untuk ekosistem kendaraan listrik," ucap Zulkifli.

Dukungan sistem untuk ekosistem kendaraan bermotor listrik ini, menurut Zulkifli, dengan membangun pengisian daya untuk pengguna kendaraan listrik.

Zulkifli juga mengungkapkan, dengan banyaknya pengguna kendaraan bermotor listrik dapat membuat lingkungan menjadi lebih baik. Kendaraan listrik juga lebih ekonomis, dan dapat memajukan Indonesia dengan peradaban yang lebih modern.

Sementara itu menurut Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia Makmur, terwujudnya ekosistem kendaraan bermotor listrik ini dapat terwujud dengan kolaborasi dengan berbagai pihak seperti PLN.

"Harapan kami, adanya kerjasama ini dapat memberikan sinergi positif dan mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia," ujar Makmur.

Ikuti kami di
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas