Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Pandemi, Minat Orang Beli Mobil Bekas Malah Melonjak Tajam

Mobil yang diincar konsumen amat beragam, mulai dari kendaraan penumpang jenis MPV, hatchback hingga kendaraan niaga untuk usaha dari beragam merek

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pandemi, Minat Orang Beli Mobil Bekas Malah Melonjak Tajam
IST
Penjualan kendaraan bekas di PT JBA Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Minat masyarakat membeli mobil bekas malah melonjak luar biasa selama pandemi ini. Di perusahaan lelang kendaraan PT JBA Indonesia misalnya, peminat lelang melonjak hingga 75 persen lebih selama pandemi ini dibandingkan 2019.

Mobil yang diincar konsumen pun amat beragam, mulai dari kendaraan penumpang jenis MPV, hatchback hingga kendaraan niaga untuk usaha dari beragam merek. 

Data resmi yang dipublikasikan PT JBA Indonesia, Selasa (29/12/2020) menyebutkan, penjualan kendaraan bekasnya mencapai 100.000 unit sejakJanuari hingga 10 Desember 2020.




Proporsi penjualan kendaraan terdiri dari 40 ribu mobil dan 60 ribu motor bekas. Sementara jumlah kendaraan bekas yang berhasil dilelang JBA mencapai lebih dari 200.000 unit.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta Desember 2020: Toyota Rush, Avanza, dan Daihatsu Xenia

Angka ini diprediksi akan terus meningkat hingga tutup tahun 2020, mengingat JBA masih mengadakan lelang hingga minggu terakhir Desember.

Dari total penjualan tersebut, ada lima merek mobil dan motor yang menjadi top seller para pemburu otomotif bekas di balai lelang JBA, yaitu Toyota Avanza G, Daihatsu Xenia, Daihatsu Gran Max, Toyota Innova G, dan Toyota Calya untuk kategori mobil.

Baca juga: Investasi Rp 28,3 Triliun, Toyota Group Berencana Produksi Mobil Listrik Murni 2023

Sementara di kategori motor yang paling banyak dibeli adalahYamaha Mio M3, Honda Vario, Yamaha NMAX dan Yamaha Mio Fino.

BERITA TERKAIT

Tren lonjakan pembeli kendaraan bekas di tahun 2020 ini diduga terjadi karena semakin banyak masyarakat yang ingin memiliki kendaraan pribadi untuk memudahkan mobilitas selama pandemi dan mengurangi risiko dari menaiki transportasi umum.

Sebaliknya, angka pembelian mobil baru justru menurun cukup signifikan dibandingkan tahun 2019.

Berdasarkan data Gaikindo, lima brand terlaris di Indonesia, yaitu Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, dan Mitsubishi, mencatatkan penurunan penjualan hingga lebih dari 50% per bulan Oktober 2019, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Deny Gunawan, Chief Operating Officer PT JBA Indonesia menyadari, kebutuhan akan kendaraan bekas akan menjadi prioritas yang perlu diperjuangkan.

Sebagai marketplace mobil dan motor bekas, pihaknya telah mengantisipasi dan mempersiapkan rencana strategis sejak awal masa pandemi, agar kami dapat memahami kebutuhan dari penitip kendaraan maupun pembeli.

Kendaraan bekas PT JBA Indonesia
Bursa kendaraan bekas di PT JBA Indonesia.

Deny Gunawan menambahkan, saat ini pihaknya terus mempermudah pembelian otomotif bekas melalui berbagai inovasi.

Berikut lima dari sejumlah inovasi layanan dan sistem yang dirilis JBA sepanjang 2020:

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas