Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Sepeda Motor Listrik Buatan Universitas Budi Luhur Diujicoba di Sentul

BL-SEV01 mengusung motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere

Sepeda Motor Listrik Buatan Universitas Budi Luhur Diujicoba di Sentul
Istimewa/universitas budi luhur
Pembalap muda, Galih Aji Prakoso, yang juga merupakan alumni UBL yang menjajal motor listrik yang produksi di kampus tempatnya pernah menimba ilmu 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR  - Universitas Budi Luhur (UBL) sukses melakukan uji coba terhadap motor listrik besutannya, Budi Luhur – Sport Electric Vehicle 01 atau BL-SEV01.

Uji coba dilakukan di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat dan berhasil menyelesaikan 11 tikungan dan trek lurus sepanjang 900 meter dengan baik.

BL-SEV01 juga sempat mencatatkan top speed hingga 100 kilometer per-jam selama uji coba.

Pada uji coba tersebut, Universitas Budi Luhur menggandeng pembalap muda, Galih Aji Prakoso, yang juga merupakan alumni kampus UBL.

Pembalap kelahiran 1993 ini, sudah turun dan menjuarai beberapa kejuaraan nasional mulai dari Indospeed Race Series, Indoclub Championship, Yamaha Sunday Race, Honda CBR Race Day, Kawasaki Racing Academy Race dan lain-lain.

Baca juga: Bamsoet Dorong Perusahaan Otomotif Jepang Kembangkan Kendaraan Listrik di Indonesia

Pemilihan Galih sebagai tester rider juga diharapkan bisa memaksimalkan kinerja performa motor dan memberikan masukan kepada pihak Universitas Budi Luhur agar dikembangkan lebih baik lagi di kedepannya.

Kepala Tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono mengatakan bahwa tester rider Universitas Budi Luhur akan memberikan masukan mengenai performa dan handling motor listrik.

"Setelah mendapatkan masukan dan data performa usai uji coba perdana ini, baru kami evaluasi kembali BL-SEV01 dan disempurnakan kembali di Lab Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur," tutur Sujono, Senin (15/2/2021).

Meski sukses digeber di Sentul, sayangnya ada sedikit masalah yang dialami motor tersebut saat di lintasan.

motor ubl12
Motor karya Universitas Budi Luhur diujicoba di sirkuit Sentul
Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Lita Febriani
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas