Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penjualan Mobil Mei 2021 Ambles 30 Persen, Honda Optimis Tren Kembali Naik

Penurunan ini diduga terkait dengan sudah berkurangnya diskon PPnBM menjadi 50 persen serta hari kerja yang lebih sedikit.

Penjualan Mobil Mei 2021 Ambles 30 Persen, Honda Optimis Tren Kembali Naik
ONCOTTON
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tren penjualan otomotif pada Mei 2021 turun 30,5 persen berdasar data terbaru Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dibandingkan satu bulan sebelumnya.

Penurunan ini diduga terkait dengan sudah berkurangnya diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) menjadi 50 persen serta hari kerja yang lebih sedikit.

Penurunan juga dialami PT Honda Prospect Motor (HPM) yang selama Mei 2021 turun 16 persen dengan volume penjualan ritel hanya 8.538 unit.

Namun Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy menyatakan, angka penjualan tersebut masih sesuai dengan target yang ditetapkan Honda untuk bulan Mei lalu.

Dia optimis tren penjualan yang positif akan berlanjut pada bulan-bulan mendatang, terutama didukung oleh penyegaran pasar melalui produk-produk baru dan dukungan pemerintah melalui program relaksasi pajak.

Baca juga: Gaikindo Sambut Positif Relaksasi PPnBM 100 Persen Diperpanjang

"Kami percaya bahwa pemerintah selalu memantau kondisi aktual pasar untuk dapat terus merancang kebijakan yang tepat untuk mendorong pertumbuhan pasar otomotif dan ekonomi secara umum," ujarnya dalam pernyataan tertulis, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: Gaikindo: Industri Otomotif Nasional Sanggup Atasi Krisis Pasokan Chip Semikonduktor

Pihaknya berusaha memaksimalkan tingkat produksi sesuai aturan dan protokol kesehatan yang berlaku, serta ketersediaan komponen untuk dapat memenuhi pemesanan secepat mungkin.

Penjualan terbesar Honda selama Mei 2021 masih dari Brio sebesar 63 persen dari total penjualan dengan penjualan Brio Satya  3.813 unit dan  Brio RS 1.565 unit. 

City Hatchback di Mei terjual sebanyak 892 unit, HR-V 1.5L sebanyak 815 unit, New CR-V yang terjual  680 unit, Mobilio  335 unit dan BR-V yang terjual sebanyak 264 unit.

Konstribusi lebih kecil penjualannya berasal dari HR-V 1,8L sebesar 69 unit, Civic Sedan 38 unit,  Civic Hatchback RS yang terjual sebanyak 28 unit, Accord terjual 22 unit, Odyssey terjual 14 unit, Civic Type R terjual sebanyak 2 unit dan City terjual sebanyak 1 unit.

Penulis: Lita febriani
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas