Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Bus Scania Avante D1 Pertama Bikinan Karoseri Tentrem Sudah 'Menetas', Punya Fitur Kamera Samping

PO Harapan Jaya akhirnya menampilkan penampakan utuh bus Scania K410IB 6x2 UHD pertamanya garapan dari Karoseri Tentrem, Malang.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Bus Scania Avante D1 Pertama Bikinan Karoseri Tentrem Sudah 'Menetas', Punya Fitur Kamera Samping
IST
Bus Scania Avante D1 buatan Karoseri Tentrem, Malang, saat menjalani sesi road test. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah sempat jadi perbincangan riuh netizen di media sosial, PO Harapan Jaya akhirnya menampilkan penampakan utuh bus Scania K410IB 6x2 UHD pertamanya garapan dari Karoseri Tentrem, Malang.

UHD sabenarnya nama populer untuk bus jangkung single deck dengan platform sasis dengan konfigurasi axle 6x2 buatan Karoseri Adi Putro. 

Karoseri Tentrem memberinya nama tersendiri untuk bus tipe ini, yakni Avante D1.




Bus dari seri Avante ini menjalani road test dan sekaligus menjadi bus Ultra High Deck (UHD) pertama buatan Karoseri Tentrem dan menjadikan PO Harapan Jaya sebagai pemakai pertamanya.

Layaknya bus UHD buatan karoseri tetangganya, Adi Putro, bus ini juga tampil dengan bodi super jangkung dengan tinggi bodi diperkirakan mencapai 4 meter.

Piintu untuk akses penumpang tersedia di bagian samping kiri bus, masing-masing satu di bagian depan dan satu di bagian tengah yang langsung terhubung ke tangga untuk akses naik ke dek atas.

Aplikasi lampu LED
Aplikasi lampu LED di bus Avante D1 buatan Karoseri Tentrem.

Sebagai bus UHD, bus ini hanya memiiki dek penumpang tunggal alias single deck. Sementara, ruangan bawah kabinnya yang super lega memungkinkan bus ini membawa kargo dengan volume sangat besar, termasuk membawa beberapa sepeda motor, bahkan motor gede alias moge sekaligus.

BERITA TERKAIT

Fitur Kamera Samping

Karena bodinya yang jangkung tentu saja saat melaju akan banyak titik blind spot yang tidak bisa dijangkau mata driver (pengemudi) saat mengemudikan bus ini. Karoseri Tentrem menyiapkan solusi dengan memasang kamera samping yang ditempaykan di sisi atas pilar A bus UHD ini.

Kamera ini terkoneksi dengan layar di dasbor pengemudi untuk memantau kondisi real time di sekitar bus.

Bus UHD buatan Tentrem ini tetap tampil dengan warna khas PO Harapan Jaya, yakni warna oranye yang dkombinasikan dengan warna putih.

Desain Fender

Karoseri Tentrem sepertinya mendesain ulang fender di sisi samping bus dengan sedikit tekukan ekstrem untuk menyegarkan desainnya.

Lampu depan dan belakang bus ini mengadopsi lampu LED dengan desain sama seperti seri Avante terbaru lainnya dengan tambahan rear lamp di bagian atas.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas