Tribun Otomotif

GIIAS 2021

Jokowi Dorong Ekosistem Kendaraan Listrik, Berikut Mobil Listrik Yang Telah Dipasarkan di Tanah Air

Selepas peninjauan, Kepala Negara juga menyempatkan menjajal salah satu mobil listrik yang dipamerkan, yakni Mitsubishi Minicab Miev.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Jokowi Dorong Ekosistem Kendaraan Listrik, Berikut Mobil Listrik Yang Telah Dipasarkan di Tanah Air
Biro Pers Sekretariat Presiden/LUKAS
Presiden Jokowi mengunjungi pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Kabupaten Tangerang, Rabu (17/11/2021). Selain berkeliling melihat pameran, Presiden Jokowi juga menjajal mobil listrik dan menyampaikan pentingnya ekosistem mobil listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan agar segera dibangun. TRIBUNNEWS/Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pentingnya ekosistem mobil listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan agar segera dibangun.

Untuk itu, pemerintah terus mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan produksi mobil listrik maupun hybrid.

Hal itu disampaikan Presiden dalam keterangannya usai meninjau pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (17/11/2021).

Baca juga:  Agya GR Sport Jadi Andalan Toyota Team Indonesia Raih Juara Nasional Kejurnas Slalom 2021

“Kita juga mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid, tetapi sekali lagi, yang semuanya harus ramah lingkungan,” ujar Presiden.

Pada pameran GIIAS tahun 2021 kali ini, Presiden juga meninjau sejumlah stan dari berbagai jenama otomotif.

Di sejumlah stan, Presiden juga mencoba menumpangi beberapa mobil yang dipajang.

Selain itu, Presiden juga bertemu dengan sejumlah CEO dari para produsen mobil yang hadir dalam pameran yang mengusung tema “Wheels to Move” tersebut.

“Tadi kita sudah bertemu dengan para CEO dan saya sampaikan apa yang menjadi concern kita dan apa yang harus kita lakukan bersama-sama untuk masa yang akan datang,” imbuh Presiden.

Baca juga: Toyota Serah Terima Perdana Unit GR Yaris ke Pembeli

Selepas peninjauan, Kepala Negara juga menyempatkan menjajal salah satu mobil listrik yang dipamerkan, yakni Mitsubishi Minicab Miev.

Didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Presiden tampak menyetir mobil listrik tersebut dengan memutari pelataran depan gedung ICE BSD City

Lihat Pasar

Hingga kini komitmen dari beberapa merek untuk memproduksi mobil berteknologi elektrifikasi, mulai hybrid sampai listrik murni alias battery electric vehicle (BEV).

Beberapa merek yang sudah menyatakan kesiapannya, antara lain Toyota, Suzuki, Hyundai, dan Wuling.

Perwakilan merek premium, seperti BMW dan Lexus juga sudah disampaikan meskipun mobil elektrifikasi yang dijual bakal berstatus impor utuh (CBU).

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas