Tribun Otomotif

Teknologi HEPA Filter Bikin Kualitas Udara di Kabin Mobil Lebih Higienis

Untuk menunjang kebersihan udara kabin, teknologi HEPA Filter kini sudah diaplikasikan untuk filter kabin kendaraan.

Editor: Choirul Arifin
Teknologi HEPA Filter Bikin Kualitas Udara di Kabin Mobil Lebih Higienis
IST
Filter kabin berfungsi menyaring kotoran dan debu yang masuk ke dalam kabin mobil. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Udara kabin yang bersih, bebas dari cemaran partikel debu dan virus yang mengganggu kesehatan diperlukan saat berkendara.

Itu sebabnya, pengendara direkomendasikan melakukan pembersihan dan penggantian filter udara di kabin mobilnya.

Filter kabin juga membantu kinerja AC mobil tetap prima. Sesuai namanya, fungsinya menyaring kotoran dan debu yang masuk ke dalam kabin mobil.

Karenanya, saringan udara ini idealnya diganti secara berkala dan rutin. Mengutip Kompas.com, penggantian bisa dilakukan setiap enam bulan sampai setahun sekali atau setiap 10.000 km.

Pilihan filter kabin pun kini juga sangat beragam. Untuk menunjang kebersihan udara kabin, teknologi HEPA Filter kini sudah diaplikasikan untuk filter kabin kendaraan.

Baca juga: Cek Kondisi Filter Udara Agar Motor Lolos Uji Emisi

Jason Muliadi, Country Manager Swistech Indonesia mengatakan, pihaknya membawa produk Swistech HEPA ke Indonesia untuk mendukung kebutuhan pemilik kendaraan yang menginginkan udara kabin yang lebih higienis demi menjaga kesehatan.

Baca juga: Semua Berawal dari “Udara”, Seluruh Mobil Chery Dilengkapi dengan Filter Kabin Bersertifikasi N95

Jason menjelaskan, HEPA Filter ini mengandung karbon aktif yang mampu menyaring mikroorganisme, menghilangkan asap rokok, bau tidak sedap, debu, tungau dan jamur.

"Dengan menggunakan teknologi Swiss, Swistech yang dilengkapi HEPA filter emiliki standar efisiensi tinggi sehingga mampu menyaring pm 2,5 partikel buruk," ungkap Jason Muliadi, Sabtu (27/11/2021).

Baca juga: Tips Mengatasi Aki Drop: Jangan Panik, Ini Biasa Terjadi Saat Beli Mobil Bekas

Dia menyebutkan, teknologi HEPA filter di filter kabin Swistech HEPA mampu mengubah udara 99, 9 persen menjadi jauh lebih higienis. "Filter kabin ini dapat digunakan untuk mobil di Indonesia," ujarnya.

Filter kabin ini disiapkan untuk mobil Honda, Toyota, Lexus, Mitsubishi dan sebagainya dan dipasarkan melalui marketplace Tokopedia.

Dia menambahkan, setiap produk Swistech telah tersertifikasi ISO dan proses pemasangannya terbilang mudah, bisa dipasang sendiri tanpa harus ke bengkel mobil.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas