Tribun Otomotif

Tokoparts: Distribusi dan Sumber Pengadaan Suku Cadang di Indonesia Tidak Terorganisir dengan Baik

Saat ini Tokoparts sudah memiliki lebih dari 32.500 produk dari 9 suku cadang dari brand genuine lebih dari 20 brand aftermarket.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Tokoparts: Distribusi dan Sumber Pengadaan Suku Cadang di Indonesia Tidak Terorganisir dengan Baik
ist
Tokoparts memberikan pelatihan cara memilih suku cadang yang orisinil di marketplace kepada ratusan bengkel 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan rintisan atau startup yang bergerak di bidang pengadaan suku cadang untuk bengkel-bengkel dan pebisnis suku cadang di Indonesia, Tokoparts, telah membantu lebih dari 1.000 bengkel dan toko di kawasan Jabodetabek berkembang.

Melalui Musyawarah Nasional Himpunan Bengkel Binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) yang digelar pada 27-28 November 2021, Tokoparts memberikan pelatihan cara memilih suku cadang yang orisinil di marketplace kepada ratusan bengkel anggota.

Pelatihan ini sebagai bentuk komitmen Tokoparts dalam mempermudah bengkel-bengkel di Indonesia untuk mendapatkan suku cadang mobil yang orisinil.

Tokoparts, perusahaan yang lebih berfokus pada bisnis B2B dan menyasar langsung pada pebisnis bengkel dan suku cadang di Indonesia.

CEO Tokoparts Kosei Tamaki, mengatakan dengan populasi mobil di Indonesia yang mencapai lebih dari 20 juta unit in operations (UIO), tentunya semakin banyak dibutuhkan bengkel-bengkel yang mampu memberikan suku cadang terbaik untuk perawatan mobil-mobil tersebut.

"Sayang, selama puluhan tahun, bengkel di Indonesia selalu dihadapi masalah yang sama, yakni rantai distribusi dan sumber pengadaan suku cadang yang tidak terorganisir dengan baik, masih menggunakan gaya lama dan tidak transparan," ungkap Tamaki, Kamis (2/12/2021).

Startup Tokoparts merupakan perusahaan penyedia suku cadang berteknologi modern yang menawarkan one-stop shopping untuk suku cadang berbagai merek dan kategori.

Baca juga: Suzuki Gencarkan Penjualan Suku Cadang Lewat Platform Digital

COO Tokoparts Hutomo Hadi Saputro, menambahkan sejak didirikan pada pertengahan 2020, Tokoparts memiliki layanan yang beragam mulai dari konsultasi produk hingga memasok serta mendistribusikan suku cadang tersebut.

"Tokoparts hadir untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut, dengan memberikan layanan pengadaan suku cadang yang mudah dan terjamin keorisinilan barangnya serta pengiriman yang cepat dan juga transparan," tutur Hutomo Hadi.

Saat ini Tokoparts sudah memiliki lebih dari 32.500 produk dari 9 suku cadang dari brand genuine lebih dari 20 brand aftermarket.

Tokoparts baru menjangkau daerah Jabodetabek, namun dalam waktu dekat akan menjangkau di beberapa kawasan di Indonesia, seperti Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Makassar, Pekanbaru dan Balikpapan.

"Kami menyambut baik dukungan yang diberikan oleh Tokoparts terhadap anggota bengkel yang ada di organisasi kami. Kami berharap dengan adanya Tokoparts, segala permasalahan yang kami hadapi selama ini, terutama dalam mendapatkan produk orisinil dan distribusi yang lebih terorganisir dengan layanan lebih prima kepada bengkel-bengkel jaringan kami," terang Ketua Umum Himpunan Bengkel Binaan Astra (HBBA) Andri Rahmadi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas