Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Jangan Salah Pilih Spesifikasi RON, Mekanik: BBM Rekomendasi Pabrikan Bikin Kinerja Mesin Optimal

Rekomendasi pemakaian BBM tersebut sudah tercantum di buku manual atau di stiker yang biasanya ditempel di kaca belakang mobil.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Jangan Salah Pilih Spesifikasi RON, Mekanik: BBM Rekomendasi Pabrikan Bikin Kinerja Mesin Optimal
Kompas.com
Suzuki APV adalah contoh kendaraan yang bisa menggunakan BBM jenis bensin dengan oktan yang tidak perlu tinggi. Cukup BBM RON 90. BBM jenis ini bisa digunakan di kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 hingga 10:1. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dengan alasan penghematan, banyak pemiik kendaraan mengabagikan petunjuk pemilihan spesifikasi bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraannya.

Sebagian orang membeli BBM dengan spesifikasi research octane number (RON) di bawah dari yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Padahal, rekomendasi pemakaian BBM tersebut sudah tercantum di buku manual atau di stiker yang biasanya ditempel di kaca belakang mobil.

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, penggunaan BBM yang tepat untuk mobil dapat menjaga kinerja mesin tetap optimal.

Manfaat lainnya, mempertahankan keawetan komponen mesin.

Sebaliknya, jika menggunakan BBM yang tidak sesuai spesifikasi yang direkomendasikan pabrikan, dalam jangka waktu panjang bisa membuat proses pembakaran tidak sempurna dan berpotensi meningkatkan emisi gas buang.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS),

BERITA REKOMENDASI

Penggunaan BBM yang sesuai dengan RON akan menghasilkan pembakaran yang baik di ruang mesin. Maka dari itu, Suzuki mengimbau agar pengendara menggunakan BBM beroktan tinggi atau sesuai dengan kebutuhan mesin mobil," ujar Hariadi dalam keterangan pers tertulisnya, Kamis (27/1/2022).

Baca juga: Gaikindo Ingatkan Pemilik Kendaraan Gunakan BBM Rekomendasi Pabrikan

Dia mencontohkan, BBM untuk mobil-mobil Suzuki. Mobil Suzuki tipe tertentu memerlukan BBM dengan standar RON yang berbeda dari model kendaraan Suzuki lainnya. Misalnya, BBM dengan RON beroktan 90 bisa digunakan pada  kendaraan niaga New Carry pick up.

Berikut rincian berdasar pemaparan Hariadi: 

  • Bahan Bakar Oktan 90

BBM jenis ini bisa digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 hingga 10:1. Kualitas yang dimiliki tergolong cukup baik untuk keperluaan sehari-hari.

Baca juga: Mengenal Bensa, Bahan Bakar Bensin dari Bahan Baku Minyak Sawit, Sukses Diuji Coba di Honda Jazz

BBM oktan 90 memiliki kelebihan di harga jual yang paling terjangkau.  BBM ini bisa dipakai di New Carry Pick Up dan APV.

  • BBM Oktan 92

Jenis BBM ini memiliki kualitas lebih unggul apabila dibandingkan dengan oktan 90. Kadar oktan 92 dapat membuat proses pembakaran mesin jadi lebih sempurna serta memiliki kemampuan untuk membantu membersihkan residu karbon pembakaran di dalam mesin.

Baca juga: Uji Coba Bensin Sawit Masih Tahap Pilot Project, Komersialisasinya Masih Panjang

Hal ini membuat performa mesin lebih baik, awet, dan konsumsi bahan bakar lebih efisien. BBM jenis ini dapat digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 10:1 hingga 11:1, seperti memenuhi kebutuhan mobil MPV All New Ertiga dan “The Extraordinary SUV” seperti XL7.

  • BBM Oktan 95
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas