Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Berawal Insiden di Medan, Daihatsu Recall 9.378 Unit Rocky, Hal Ini Jadi Penyebabnya

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan recall terhadap SUV kompak Daihatsu Rocky sebanyak 9.378 unit yang dirakit di pabrik ADM

Penulis: Lita Febriani
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Berawal Insiden di Medan, Daihatsu Recall 9.378 Unit Rocky, Hal Ini Jadi Penyebabnya
Istimewa
Berawal Insiden di Medan, Daihatsu Recall 9.378 Unit Rocky, Hal Ini Jadi Penyebabnya 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan recall atau pemanggilan kembali tiga model yang dipasarkan di Indonesia.

Ketiga model tersebut ialah Rocky, GranMax dan Luxio. Dalam program recall ini, Daihatsu memanggil sebanyak 9.378 unit model Rocky dengan periode produksi 28 April – 7 Oktober 2021.




"Recall pada Rocky dilakukan karena perlu penguatan dengan menambah titik area pengelasan pada bagian dudukan shock absorber depan," tutur Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM Bambang Supriyadi, saat jumpa pers Jumat (11/3/2022).

Baca juga: Daihatsu Manfaatkan Pelabuhan Patimban untuk Ekspor

Jika tidak diperbaiki akan berpotensi mengganggu kenyamanan berkendara ketika melewati kondisi jalan rusak di kecepatan tinggi, serta akan timbul bunyi abnormal pada bagian dalam kap mobil, hingga potensi terlepasnya komponen dudukan shock absorber tersebut.

Recall ini mencakup Rocky model 1.000 cc dan 1.200 cc. Masalah recall ini murni akibat tidak tepatnya titik pengelasan.

Oleh karenanya, Daihatsu akan menambahkan titik pengelasan dari yang awalnya 14 titik menjadi 25 titik.

BERITA TERKAIT

Sedangkan pada model GranMax dan Luxio, Daihatsu ingin melakukan pemrograman ulang pada komponen ECU mesin pada keduanya.

Total sebanyak 11.734 unit GranMax dan Luxio dengan periode produksi 9 September 2021 – 21 Januari 2022 yang di recall.

Daihatsu Rocky
Daihatsu Rocky (Daihatsu)

Fenomena yang umum ditemui pada unit terdampak di atas adalah RPM yang tidak stabil, mesin knocking dan kinerja mesin yang tersendat hingga mati.

"Program ini merupakan komitmen Daihatsu dalam usaha kami menjaga kualitas dan kepuasan pelanggan lewat layanan after sales. Daihatsu siap menyambut pelanggan yang mobilnya termasuk dalam daftar program recall, silahkan untuk dapat membawa kendaraan kesayangannya ke bengkel resmi Daihatsu untuk dilakukan perbaikan, agar dapat beraktivitas lebih aman dan nyaman," jelas After Sales Service and Logistic Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Lili Herman.

Daihatsu merekomendasikan pelanggan yang mobilnya masuk dalam daftar program recall untuk dapat membawa kendaraan kesayangannya ke bengkel resmi Daihatsu terdekat untuk dapat ditangani oleh mekanik handal Daihatsu tanpa dikenakan biaya alias gratis.

Baca juga: Daihatsu Hadirkan Rocky Neo Retro di GIIAS 2021

Temuan Insiden di Medan

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan recall terhadap SUV kompak Daihatsu Rocky sebanyak 9.378 unit yang dirakit di pabrik ADM di periode 28 April sampai 7 Oktober 2021.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas