Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Karoseri Laksana Luncurkan Bus Terbaru Legacy Suites Combi Family Class Kaca Single Glass

Karoseri Laksana meluncurkan seri big bus terbaru 12 meter Legacy Suites Combi Family Class untuk pengusaha di sektor transportasi

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Karoseri Laksana Luncurkan Bus Terbaru Legacy Suites Combi Family Class Kaca Single Glass
dok. Laksana
Bus terbaru Legacy Suites Combi Family Class kaca Single Glass buatan Karoseri Laksana yang diluncurkan Selasa (19/4/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Karoseri Laksana meluncurkan seri big bus terbaru 12 meter Legacy Suites Combi Family Class untuk pengusaha di sektor transportasi di Semarang, hari ini, Selasa (19/4/2022).

Legacy Suites Combi Family Class yang diluncurkan ini dibangun di atas sasis Mercedes-Benz OH 1626 Air Suspension.

Yang paling menarik dari bus ini adalah kabinnya yang terdiri dari dua kelas di bagian kabin depan dan kabin belakang dengan kaca depan tipe single glass yang memberikan nuansa lega bagi penumpang selama di perjalanan. 




Pada kompartemen pertama di kabin depan, terdiri dari susunan kursi penumpang dengan konfigurasi kursi 2-2 di sisi kiri dan sisi kanan dengan reclining seat.

Di kompartemen kedua di bagian belakang adalah Suites Class, kabin untuk penumpang yang bisa beristirahat maksimal dengan badan yang benar-benar rebah selama di perjalanan.

Baca juga: Driver Bus Agra Mas Lina Ozora, Tetap Glowing Sebelum Pegang Kemudi di Rute Ciledug-Purwantoro

"Kabin depan ini terdiri dari 14 seat dengan susunan 2-2. Di kabin belakang Suites Class, dilengkapi toilet di bagian tengah. Ada juga bagasi sangat luas di bawah dek, termasuk motor juga bisa masuk," ungkap Stefan Arman, Techninal Director Karoseri Laksana di acara peluncuran.

Stefan Arman, Techninal Director Karoseri Laksana
Stefan Arman, Techninal Director Karoseri Laksana

Dia menjelaskan, bus ini dibangun di atas sasis ukuran 12 meter. 

BERITA TERKAIT

"Jadi apapun merek (sasis)-nya, bisa dilakukan. Konfigurasi seat-nya bisa kita atur sesuai dengan kebutuhan customer, bisa 14 seats atau lebih," kata Stefan Arman.

Kabin Suite Class 2
Kabin Suite Class di bus terbaru Legacy Suites Combi Family Class Kaca Single Glass buatan Karoseri Laksana.

"Yang unik di bagian belakang ini, meski separoh konfigurasinya adalah kabin biasa kursi 2-2, tapi di Suites Class di belakang bisa angkut sampai 15 penumpang," jelasnya.

Baca juga: Harga Tiket Bus AKAP dari Merak Tujuan Jateng Naik, Tembus Rp 630 Ribu

Dia mengatakan, hasil survei tim marketing PO Sinar Jaya yang menjadi salah satu customer besar Laksana menunjukkan, banyak keluarga yang membutuhkan bus yang kabinnya bisa mengakomodir kebutuhan penumpang yang membawa anak.

PO Sinar Jaya menjadi customer pertama yang mengoperasikan bus Legacy Suites Combi Family Series ini di Indonesia.

Kabin depan bus terbaru Legacy Suites Combi Family Class
Kabin bagian depan di bus terbaru Legacy Suites Combi Family Class kaca Single Glass buatan Karoseri Laksana yang diluncurkan Selasa (19/4/2022).

Teddy Rusli dari PO Sinar Jaya menjelaskan, ide pembuatan bus ini berawal dari pengalamannya menemukan bus dengan kabin serupa di Vietnam.

Baca juga: Gagah Banget, Bus Terbaru Indorent Bertipe Double Decker degan Sasis Volvo B11R

"Kita dapatkan ide dari Vietnam, dirancang dari sebelum pandemi. Kemudian saya kontak Pak Stefan untuk membuat bus ini, akhirnya terciptalah bus ini," kata Teddy Rusli.

"Bus ini konsepnya bus untuk keluarga. Orang bisa menikmati bepergian jauh, apalagi sekaang kita punya jalan tol yang panjang. Kita mesti berikan applause karena ini karya bangsa Indonesia," kata dia.

Desain eksterior Legacy Suites Combi Family Class buatan Karoseri Laksana.
Desain eksterior Legacy Suites Combi Family Class buatan Karoseri Laksana. (Tribunnews/fin)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas