Tribun Otomotif

Jangan Asal Pilih Karpet Mobil, Pastikan yang Sesuai dengan Standar Keamanan Berkendara

Mengganti karpet mobil sesuai keinginan tanpa melihat terlebih dahulu kecocokan dengan mobil bisa menjadi pemicu kecelakaan.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Jangan Asal Pilih Karpet Mobil, Pastikan yang Sesuai dengan Standar Keamanan Berkendara
Tribunnews/fin
Ilustrasi karpet mobil. Jangan paksakan membeli karpet untuk kendaraan yang berbeda, atau jenis universal mengingat ada risiko desainnya tidak sesuai kebutuhan mobil. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengganti karpet mobil sesuai keinginan tanpa melihat terlebih dahulu kecocokan dengan mobil bisa menjadi pemicu kecelakaan.

Terlebih untuk karpet yang terletak di lantai pengemudi. Pedal gas bisa tersangkut di karpet tersebut dan membuat mobil bisa melaju tanpa terkontrol. 

"Meskipun untuk kenyamanan dan keindahan kabin, jangan sembarangan membeli karpet mobil. Pastikan Anda membeli karpet mobil yang sesuai desain mobil dan kriteria keamanan berkendara. Konsultasikan mengenai produk dan cara pemasangannya yang benar," tutue Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara.

Baca juga: Diperkenalkan di GIIAS 2022, Karpet Mobil Ini Diklaim Awet Sampai 10 Tahun

Auto2000 membagikan cara terbaik untuk menentukan karpet aftermarket yang sesuai kebutuhan mobil, berikut caranya:

1. Bahaya Asal Beli Karpet Mobil

Ada masalah tersembunyi ketika membeli karpet mobil tanpa mempertimbangkan aspek keamanan berkendara.

Yang paling sering terjadi dan sangat berbahaya adalah karpet mobil tambahan justru membuat pedal-pedal mobil tidak dapat bergerak bebas sesuai peruntukannya.

Umumnya terjadi karena karpet mobil terlalu tebal atau jenis universal untuk semua model mobil, sehingga tidak sesuai dengan desain pedal-pedal mobil.

Akibatnya, ketika pedal gas atau rem diinjak malah terjerat karpet mobil. Jelas sangat berbahaya karena mobil bisa berhenti mendadak kalau pedal rem tersangkut.

Bahaya yang jauh lebih besar adalah ketika pedal gas tersangkut, karena dapat membuat putaran mesin tertahan di rpm tinggi, yang berakibat mobil tidak dapat dikendalikan sehingga memicu kecelakaan.

Baca juga: Diperkenalkan di GIIAS 2022, Karpet Mobil Ini Diklaim Awet Sampai 10 Tahun

2. Pilih Karpet Mobil Sesuai Standar Safety

Melihat risiko masalah di atas, disarankan untuk melakukan pengukuran sendiri alias custom karpet mobil sesuai dengan desain dan ukuran kabin supaya lebih presisi.

Namun umumnya harga karpet mobil jenis ini lebih mahal ketimbang produk siap pakai. Supaya lebih nyaman, bisa konsultasikan terkait hal ini kepada ahlinya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas