Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Serunya Menjelajahi Desa Karanganyar, Destinasi Desa Wisata di Magelang Bareng Komunitas Motor

Penjelajahan dimulai dari Yogyakarta sekaligus bagian dari momentum pemberian predikat kepada Desa Karanganyar sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Serunya Menjelajahi Desa Karanganyar, Destinasi Desa Wisata di Magelang Bareng Komunitas Motor
HO
Aktivitas touring motor menjelajahi Desa Karanganyar, desa wisata di Magelang, jawa Tengah di kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022. Kegiatan ini melibatkan Nmax Riders Semarang dan Modern Vespa Semarang. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Desa Karanganyar, salah satu desa wisata di Magelang, Jawa Tengah, jadi destinasi penjelajahan berikutnya di kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022 yang diselenggarakan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk.

Dalam penjelajahan lewat touring naik motor ini mereka menggandeng dua komunitas motor, yakni Nmax Riders Semarang dan Modern Vespa Semarang.

Penjelajahan dimulai dari Kota Yogyakarta sekaligus menjadi bagian dari momentum pemberian predikat kepada Desa Karanganyar sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara yang dilakukan secara simbolis melalui peresmian landmark desa.

Bersamaan dengan kegiatan touring ini juga diselenggarakan Festival Pasar Rakyat di Pasar Tradisional Borobudur, Magelang, sebagai wujud pemberdayaan, edukasi, kesenian dan budaya untuk menjadikan pasar sebagai ruang publik.

Baca juga: Penuhi Kriteria, Desa Carangsari Dideklarasikan Jadi Desa Wisata Ramah Berkendara

Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan programtahunan Adira Finance yang diselenggarakan bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI untuk mendukung pariwisata, kearifan lokal dan UMKM ekonomi kreatif sehingga dapat mendorong kemajuan perekonomian Indonesia.

Program ini mencakup kegiatan literasi dan pendampingan UMKM bertajuk Desa Wisata Kreatif dan Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara serta Festival Pasar Rakyat.

BERITA REKOMENDASI

"Kami berkomitmen mendukung pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata, salah satunya Desa Karanganyar, Magelang, melalui kolaborasi dengan Kemenparekraf menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal,” ungkap Niko Kurniawan, Direktur Penjualan, Pelayanan, dan Distribusi Adira Finance saat meresmikan landmark Desa Wisata Ramah Berkendara di Desa Karanganyar.

Ketua Pengelola Desa Wisata Karanganyar, Khoiril Anwar menyatakan berterima kasih kepada Kemenparekraf RI dan Adira Finance yang telah mengadakan rangkaian program Festival Kreatif Lokal 2022 dan meresmikan desa mereka menjadi Desa Wisata Ramah Berkendara.

Desa Karanganyar dianggap telah memenuhi kriteria pendukung yang meliputi infrastruktur seperti jalanan beraspal, penerangan lalu lintas, stasiun pengisian bahan bakar, dan bengkel otomotif; sumber daya manusia termasuk pelaku ekonomi kreatif, pengelola dan pemandu wisata; serta ekosistem pariwisata yaitu tempat wisata, akomodasi, ataupun fasilitas lainnya.

Desa ini juga memiliki beragam destinasi wisata yang menarik seperti menikmati pesona fajar di Puthuk Setumbu dengan Tour Sunrise Karanganyar, berfoto di rumah warna-warni Nepal Van Java, dan pemandangan sawah yang menghijau.

Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, Edhi Tjahja Negara, menyampaikan program semacam ini turut mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dia mengatakan, perusahaan asuransinya akan memberikan edukasi pengelolaan risiko untuk mereka sebagai bentuk dukungan untuk pengembangan UKM di Indonesia khususnya desa wisata.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas