Tribun Otomotif

Bali Jadi Lokasi Uji Coba Pertama Transaksi Tol Nirsentuh MLFF Pada 1 Juni 2023

elama masa transisi, pengguna bisa langsung bertransaksi menggunakan sistem MLFF melalui aplikasi tanpa melewati palang tol.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Bali Jadi Lokasi Uji Coba Pertama Transaksi Tol Nirsentuh MLFF Pada 1 Juni 2023
istimewa
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Bali Mandara di Bali, Rabu, 9 November 2022. Jalan tol Bali Mandara akan jadi lokasi uji coba transisi penerapan sistem transaksi jalan tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) ditargetkan berlangsung pada 1 Juni 2023. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Uji coba transisi penerapan sistem transaksi jalan tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) ditargetkan berlangsung pada 1 Juni 2023.

Uji coba dilakukan secara bertahap. Selama masa transisi, pengguna bisa langsung bertransaksi menggunakan sistem MLFF melalui aplikasi tanpa melewati palang tol. Namun, gerbang transaksi nontunai konvensional tetap ada. 

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menyebut pihaknya akan menghilangkan satu gerbang terlebih dahulu di satu ruas tol untuk MLFF.

"Sementara gerbang yang lain tetap bisa digunakan untuk transaksi nontunai dengan kartu elektronik,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (7/12/2022).

Danang menyebut MLFF dapat digunakan melalui aplikasi bernama Cantas.

Menurut dia, sistem ini dapat membuat transaksi tol lebih cepat karena pengguna tidak perlu lagi berhenti dan menempelkan kartu elektronik sehingga tidak ada lagi antrean di gerbang tol.

Selain itu, MLFF dapat membuat biaya operasional pengumpulan tol semakin efisien. 

“Nanti untuk melintasi jalan tol, pengguna cukup mengunduh aplikasi Cantas dan melakukan registrasi, serta memastikan saldo tersedia. Karena akan ada Gantry yang akan mengawasi kendaraan di beberapa titik di ruas tol agar tidak ada pelanggaran,” ujar Danang.

Baca juga: MLFF Bikin Metode Bayar Jalan Tol Tambah Banyak: Bisa Pakai Dompet Digital Sampai Kartu Debit

Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai Badan Usaha Pelaksana sistem MLFF mengatakan tahap awal uji coba ini rencananya akan dilakukan di Bali.

Pemilihan Bali telah melalui proses diskusi. Hal itu mempertimbangkan ruas tol tersebut belum terlalu padat sehingga akan lebih mudah melaksanakan kontrol guna memastikan semua sistem berjalan baik.  

Selama uji coba, kegiatan sosialisasi dilakukan lebih masif agar segala informasi bisa tersampaikan secara baik kepada masyarakat.

Baca juga: Sistem Transaksi Non-Tunai MLFF Diterapkan Mulai Akhir 2022 pada 40 Ruas Tol Ini

“Setelah Bali sudah menerapkan MLFF secara keseluruhan, baru kemudian kita akan uji coba di ruas tol lain,” ujarnya.

Rencana uji coba ini juga didukung hasil penelitian yang dilakukan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pada Juli 2022.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas