Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

DCVI Kenalkan Truk Tambang Seharga Rp3 Miliar ke Atas, Mercedes-Benz Actros dan Arocs Euro 5

DCVI resmi memperkenalkan truk heavy duty Mercedes-Benz Actros Euro 5 dan Mercedes-Benz Arocs Euro 5 untuk sektor tambang di Indonesia.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in DCVI Kenalkan Truk Tambang Seharga Rp3 Miliar ke Atas, Mercedes-Benz Actros dan Arocs Euro 5
Tribunnews/Choirul Arifin
Pengenalan truk heavy duty untuk kebutuhan sektor tambang, Mercedes-Benz Actros Euro 5 dan Mercedes-Benz Arocs Euro 5 untuk pasar Indonesia oleh PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia [DCVI] di ICE BSD, Tangerang, Kamis, 16 Maret 2023. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia [DCVI] resmi memperkenalkan truk heavy duty untuk kebutuhan sektor tambang, Mercedes-Benz Actros Euro 5 dan Mercedes-Benz Arocs Euro 5 untuk pasar Indonesia,di ICE BSD, Tangerang, Kamis, 16 Maret 2023.

Naeem Hassim, President Director Daimler Commercial Vehicles Indonesia mengatakan kehadiran truk Actros Euro 5 dan Arocs Euro 5 di Indonesia untuk menjawab tantangan global sekaligus mendukung komitmen Indonesia mendorong kualitas udara yang lebih bersih atau Zero Emission di tahun 2060 yang di Indonesia harus dimulai dengan standar emisi Euro 4 diesel.

“Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk terbesar di dunia dimana potensi untuk perkembangan kendaraan sangat cepat dan dinamis. Sejalan dengan dukungan terhadap pemerintah Indonesia dan guna meningkatkan persaingan di kancah Internasional, maka hari ini DCVI menghadirkan Actros dan Arocs dengan standar emisi Euro 5,” ujarnya.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia positif di 2023. Sebagai pemain truk terbesar di dunia, memulai transformasi dan ini adalah proses yang kami harus lalui dan terkadi di global juga sekaligus sebagai tanggung jawab kami sebagai produsen truk global," imbuhnya.

Naeem Hassim menjelaskan, truk Actros Euro 5 dan Arocs Euro 5 membawa DNA yang sama dengan truk Arocs dan Actros generasi sebelumnya sebagai truk heavy duty berstandar Euro 3.

Namun di generasi terbaru ini, Arocs Euro 5 dan Actros Euro 5 sudah mengusung mesin baru, transmisi baru hingga fitur-fitur keamanan baru yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan customer di medan off road di area tambang.

Naeem Hassim___
Naeem Hassim, President Director Daimler Commercial Vehicles Indonesia.

Head of Product and Marketing PT DCVI Faustina menjelaskan, truk Mercedes-Benz Actros Euro 5 dan Arocs Euro 5 memiliki fitur bawaan yang mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pengemudi.

BERITA TERKAIT

Ada tiga pilihan mesin dengan range kubikasi mesin dan horse power berbeda, yakni OM 470, OM 471 dan OM 473 enam silinder yang dirancang untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar.

Seluruhnya merupakan mesin Mercedes-Benz Euro 5 generasi kedua.

  • Mesin OM 470 memiliki kapasitas mesin 10.7 liter untuk transportasi onroad.
  • OM 471 1 memiliki kapasitas mesin 12.8 liter untuk transportasi offroad.
  •  OM 473 memiliki kapasitas mencapai 15,6 liter untuk transportasi offroad.
Head of Product and Marketing PT DCVI Faustina ___
Head of Product and Marketing PT DCVI Faustina.

Fitur-fitur baru yang disematkan di Actros Euro 5 dan Arocs Euro 5 adalah:

  • Mesin dengan 2nd Generation X-Pulse dengan target bahan bakar yang lebih efisien
  • Variably Controllable EGR Flap untuk power optimal
  • Three Steps High Performance Engine Brake, dan 
  • MercedesPowershift 3 (MPS3) dengan pilihan transmisi otomatis 12 speed untuk medan on road dan transmisi 16 speed untuk medan offroad.

"Untuk transmisi kita menggunakan transmisi Power Shift dari Mercedes-Benz. Perpindahan gigi lebih rapat," ungkap Faustina.

Pembaruan Teknologi Injektor dan Biosolar B35

"Keunggulan engine ini adalah efisiensi konsumsi bahan bakar dengan pembaruan di teknologi injektor sehingga bisa membawa tenaga yang lebih baik dan efisiensi bahan bakar karena semua operator ke depannya akan mengejar efisiensi bahan bakar," beber Faustina.

Baca juga: Truk Mercedes-Benz Axor Euro 4 Unjuk Gigi Pameran Mining Indonesia 2022

Dia juga optimistis seri truk terbaru Euro 5 ini akan diterima pasar mengingat pada versi Axor Euro 4, respon operator sangat positif. Konsumsi bahan bakar solar lebih efisien.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas