Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Istana Tanggapi Aksi Pemotor Potong Rangkaian Kendaraan Jokowi di Sulsel

Aksi potong rombongan mobil Presiden terjadi saat Presiden Jokowi tengah berkunjung ke Pasar Terong, Kota Makassar, Rabu (29/3/2023).

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Istana Tanggapi Aksi Pemotor Potong Rangkaian Kendaraan Jokowi di Sulsel
TRIBUNNEWS/IMMANUEL NICOLAS MANAFE
ILUSTRASI - Iring-iringan mobil Presiden Jokowi terjebak macet oleh kendaraan dan ribuan warga yang ingin menyaksikan perayaan HUT TNI ke-72 di Dermaga Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Kamis (5/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beredar video seorang pengendara motor memotong iring-iringan mobil Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pengendara memotong iring-iringan tepat di depan mobil RI 1.

Pihak Istana melalui Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan bahwa peristiwa tersebut terjadi saat Presiden Jokowi tengah berkunjung ke Pasar Terong, Kota Makassar, Rabu (29/3/2023).

"Presiden Joko Widodo tiba di Pasar Terong, Kota Makassar, pada Rabu sore, 29 Maret 2023. Rangkaian Presiden berhenti di Jalan G. Bawakaraeng. Setelah tiba, Presiden menyapa masyarakat dan pedagang yang telah menunggunya di pasar tersebut," kata Bey kepada wartawan, Kamis, (30/3/2023).

Kendaraan Presiden dalam video yang viral tersebut dalam posisi kosong. Presiden sedang berada di pasar sementara rangkaian kendaraan bergerak untuk menuju sisi lain Jalan Pasar Terong yaitu Jalan Masjid Raya guna menjemput Presiden di titik akhir kunjungan ke pasar.

"Saat rangkaian tersebut bergerak, ada pemotor yang menerobos dan melintas di depan iring-iringan (di depan mobil Presiden). Tidak ada korban dalam peristiwa ini," kata Bey.

Aparat keamanan awalnya akan menangkap pemotor tersebut. Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay sempat melaporkan kejadian tersebut kepada Presiden Jokowi.

BERITA REKOMENDASI

Namun presiden meminta agar tidak perlu dilakukan pemeriksaan dan penahanan kepada pemotor tersebut. "Presiden hanya meminta ditingkatkan sosialisasi keamanan dan ketertiban berlalu lintas," pungkasnya.

Baca juga: Pemotor yang Potong Iring-iringan Mobil Presiden di Makassar Minta Maaf: Saya Panik

Sebelumnya beredar video seorang pengendara motor memotong lajur mobil iring-iringan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Dalam rekaman video, pengendara memotong iring-iringan tepat di depan mobil yang ditumpangi Joko Widodo.

Parahnya, pengendara itu tampak tidak mengenakan helm dan terdengar menggunakan knalpot brong.

Baca juga: Pengamat Transportasi: Tol Trans Jawa Masih Favorit Pemudik dan 25,13 Juta Pemotor Lewat Pantura

Rekaman video itu, diduga berlangsung di Jl Gunung Bawakaraeng, Makassar.
Terkonfirmasi dari suasana dalam rekaman video sempat menyorot plang Ramayana Hotel.

"Ide'eh, pas lagi di depan mobil Pak Jokowi," ucap Perempuan dalam rekaman video itu.

Jalan Gunung Bawakaraeg menjadi jalur pulang rombongan Jokowi dari Pasar Terong. Jokowi berkunjung ke Pasar Terong, disambut ratusan warga dan pedagang.

Jokowi hadir didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia. Ada juga Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas