Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Masuk Ekosistem Prakerja, Hino Indonesia Academy Bikin Pengemudi Truk dan Bus Makin Smart di Jalan

Pelatihan di Hino Indonesia Academy membuat driver makin mengenal karakter truk dan bus yang dikemudikan agar didapatkan efisiensi operasi maksimal.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Masuk Ekosistem Prakerja, Hino Indonesia Academy Bikin Pengemudi Truk dan Bus Makin Smart di Jalan
Tribunnews/Choirul Arifin
Pieter Andre, Head of Hino Indonesia Academy di acara Diskusi Panel Hino Indonesia Academy Berkontribusi untuk Program Ekosistem Prakerja di pameran otomotif GIIAS 2023, Rabu 16 Agustus 2023. 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Hino Indonesia Academy, lembaga pelatihan pengemudi truk dan bus serta mekanik Hino yang dikelola PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) kini resmi masuk ekosistem program Pelatihan Prakerja yang diselenggarakan Pemerintah.

Lewat akademi ini, Hino melatih para pengemudi truk besar dan bus besar serta mekanik untuk meningkatkan kapabilitas mereka sehingga mereka makin piawai mengemudikan truk dan bus di jalan raya dengan makin mengedepankan aspek keamanan dan keselamatan.

Selain itu, driver juga makin mengenal karakter truk dan bus yang dikemudikannya agar didapatkan efisiensi operasi yang maksimal.




Pieter Andre, Head of Hino Indonesia Academy di acara Diskusi Panel Hino Indonesia Academy Berkontribusi untuk Program Ekosistem Prakerja di pameran otomotif GIIAS 2023, Rabu 16 Agustus 2023 mengatakan, lembaga yang dipimpinnya sudah mendapatkan surat keputusan sebagai lembaga penyelenggara pelatihan prakerja pada 25 Juli 2023 dari Pemerintah dengan mengacu pada SK Nomor 43 Tahun 2023 Tentang Penetapan Lembaga Pelatihan Program Kartu Prakerja.

"Bulan Agustus ini akan kita bikin pelatihan sopir bus dan truk di HTSCC. Lalu disusul pada bulan September 2023 untuk tenaga pemasar," ungkapnya.

Sampai tahun 2024, pihaknya menargetkan bisa melatih lebih dari 800 peserta pelatihan mengemudi truk dan bus.

Dia mengatakan, Hino Indonesia Academy didukung fasilitas modern di Jatake, Tangerang, dan di Purwakarta, Jawa Barat, serta instruktur yang berkualitas tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

BERITA TERKAIT

"Kita punya total 7 sertifikasi pengemudi dari BNSP. Kita juga sudah tersertifikasi Kementerian Perhubungan untuk memberikan pelatihan sertifikasi barang berbahaya," ungkap Pieter.

30 Persen Teori, 70 Persen Praktek

Dia menjelaskan, komposisi materi pelatih

Diskusi Hino Academy
Acara Diskusi Panel Hino Indonesia Academy Berkontribusi untuk Program Ekosistem Prakerja di pameran otomotif GIIAS 2023, Rabu 16 Agustus 2023.

an di Hino Indonesia Academy terdiri dari 30 persen teori dan 70 persen praktek.

Seluruh program pelatihan ini dipusatkan di 2 lokasi yakni di Jatake Tangerang dan di Hino Total Support Customer Center (HTSCC) di Purwakarta, didukung 12 ruang kelas di Jatake termasuk 2 ruang komputer.

Baca juga: Hino Kenalkan Microbus 115 SDBL Spek Tambang, Sasis Super Panjang

Pelatihan yang bersifat praktek banyak diselenggarakan di training workshop di HTSCC di Purwaarta. 

HTSCC berdiri di atas lahan seluas 24 ribu meter persegi dengan trek area 10.000 meter persegi. "Fasilitas ini akan kita perluas, pada outer ring sirkuit dari 400 meter jadi 800 meter. Total kita punya 11 area praktek/spot seperti blank spot, safety drive, dan lain-lain," beber Pieter.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas